ANALISIS YURIDIS TERHADAP WANPRESTASI KETERSEDIAAN FASILITAS UMUM PERUMAHAN OLEH DEVELOPER ( Studi Kasus PT.Mekar Tumbuh Abadi)

ARIF, ARIANTO (2023) ANALISIS YURIDIS TERHADAP WANPRESTASI KETERSEDIAAN FASILITAS UMUM PERUMAHAN OLEH DEVELOPER ( Studi Kasus PT.Mekar Tumbuh Abadi). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARIF ARIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
jurnal ARIF.pdf

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyelesaian kasus perlindungan konsumen terhadap kesediaan fasilitas umum perumahan oleh developer. Jenis penelitian ini adalah hukum normatif, dan penelitian hukum empiris. dengan metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), pendekatan konseptual (Conseptual Approach), dan pendekatan analisis (Analytical Approach). Dengan rumusan masalah bagaimanakah pelaksanaan penyediaan fasilitas umum oleh PT. Mekar Tumbuh Abadi dan bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen, jika developer wanprestasi mengenai fasilitas umum.Dengan hasil penelitian Pelaksanaan penyediaan fasilitas PT Mekar Tumbuh Abadi hanya menyediakan fasilitas sesuai perjanjian yang diberikan untuk konsumen perumahan sesuai yang tertera pada brosur yang di tawarkan oleh pihak PT Mekar Tumbuh Abadi, fasilitas yang di sediakan oleh PT Mekar Tumbuh Abadi seperti akses jalan, taman bermain, mushola dan post satpam Seandainya pihak PT Mekar Tumbuh Abadi tidak memberikan fasilitas sesuai dengan brosur yang di sebarkan maka pihak konsumen dapat menuntut pihak PT Mekar Tumbuh Abadi dengan cara prepentif atau/cara berbicara baik-baik terlebih dahulu kepada pihak PT Mekar Tumbuh Abadi setelah dengan cara itu tidak bisa maka pihak konsumen dapat menempuh jalur pengadilan atau/refrensif, dan upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen perumahan jika pihak PT Mekar Tumbuh Abadi melakukan wanprestasi atau kesepakatan tidak sesuai dengan brosur yang ada maka pihak konsumen dapat menuntut dengan cara litigasi maupun non litigasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Konsumen, Fasilitas Umum, Developer
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:14
Last Modified: 19 Jan 2024 08:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44128

Actions (login required)

View Item View Item