KOMUNIKASI PUBLIK INDONESIA TOURISM DEVELOPMENT CORPORATION (ITDC) DALAM MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL MASYARAKAT DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA

Dea, Aswani (2023) KOMUNIKASI PUBLIK INDONESIA TOURISM DEVELOPMENT CORPORATION (ITDC) DALAM MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL MASYARAKAT DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS MANDALIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (485kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Salah satu terobosan pemerintah dalam mengembangkan pariwisata yaitu dengan membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Stakeholder yang dipilih oleh pemerintah untuk bekerja sama membangun dan mengelola KEK Mandalika yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau yang biasa disebut sebagai Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi publik Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dalam mengembangkan modal sosial masyarakat di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa dalam melakukan komunikasi publik, pihak ITDC turun langsung ke desa untuk melakukan sosialisasi dan memanfaatkan konferensi pers untuk menyampaikan pesan. ITDC menyampaikan pesan-pesan yang bersifat informatif dan persuasif untuk memberi pemahaman terhadap masyarakat bahwa pembangunan KEK ini dapat memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dalam penyampaian pesan, ada gangguan yang paling sering ditemukan yaitu gangguan psikologis berupa ketidakpercayaan masyarakat terhadap pesan yang disampaikan oleh pihak ITDC.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ITDC; Komunikasi Publik; Modal Sosial Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:16
Last Modified: 19 Jan 2024 08:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44143

Actions (login required)

View Item View Item