ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS SUB BAGIAN HUMAS, PROTOKOL DAN PERJALANAN DPRD PROVINSI NTB DALAM MENJAGA CITRA POSITIF ORGANISASI

Muhammad, Fadhil (2023) ANALISIS AKTIVITAS MEDIA RELATIONS SUB BAGIAN HUMAS, PROTOKOL DAN PERJALANAN DPRD PROVINSI NTB DALAM MENJAGA CITRA POSITIF ORGANISASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL MUHAMMAD FADHIL pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL MUHAMMAD FADHIL pdf.pdf

Download (167kB)

Abstract

Sub Bagian Humas, Protokol dan Perjalanan merupakan salah satu sub bagian yang berada di bawah koordinasi Sekretaris Dewan DPRD Provinsi NTB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas media relations Sub Bagian Humas, Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB dalam menjaga citra positif organisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Sub Bagian Humas Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB. Penulis menetapkan empat informan utama dan satu informan pendukung melalui teknik purposive sampling. Sementara itu, objek penelitian ini ialah aktivitas media relations Sub Bagian Humas, Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB dalam menjaga citra positif organisasi. Penulis menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi dalam mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penulis menggunakan triangulasi data dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sub Bagian Humas, Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB telah melakukan beberapa aktivitas media relations, seperti konferensi pers dan press release. Selain itu, Sub Bagian Humas, Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB juga menggunakan website, instagram, youtube dan facebook sebagai media publikasi untuk menjangkau khalayak dengan lebih luas. Namun, aktivitas media relations yang dilakukan Sub Bagian Humas, Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB belum maksimal karena hanya melakukan konferensi pers dan press release saja. Adapun hambatan yang dihadapi Sub Bagian Humas, Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB dalam menjalankan media relations, di antaranya hambatan berupa kurangnya anggaran untuk kegiatan, perbedaan persepsi dan kordinasi internal. Adapun pendukung dalam menjalankan media relations yaitu dengan adanya press room yang dapat menjadi ruang pertemuan hingga ruang santai bagi wartawan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Relations, Citra Positif DPRD Provinsi NTB
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:16
Last Modified: 19 Jan 2024 08:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44145

Actions (login required)

View Item View Item