KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL KOMUNITAS GILI ECO TRUST DALAM MENGKAMPANYEKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KAWASAN GILI TRAWANGAN

Lalu Indrawan, Ghifari (2023) KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL KOMUNITAS GILI ECO TRUST DALAM MENGKAMPANYEKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KAWASAN GILI TRAWANGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINAL INDRA pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (367kB)

Abstract

Gili Eco Trust merupakan sebuah komunitas lingkungan. Dalam melakukan kampanye pelestarian lingkungan, Gili Eco Trust menggunakan pemasaran sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran sosial yang dilakukan komunitas Gili Eco Trust dalam mengkampanyekan pelestarian lingkungan di kawasan Gili Trawangan. Peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh merupakan hasil observasi, hasil wawancara yang menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Gili Eco Trust memiliki langkah-langkah yang strategis untuk merubah perilaku target adopter melalui kampanye pelestarian lingkungan. Langkah pertama yang dilakukan oleh Gili Eco Trust sebelum membuat produk sosial adalah melakukan analisis lingkungan. Gili Eco Trust mempromosikan produk sosialnya dengan menggunakan pendekatan langsung yaitu dengan didirikan FMPL yang ditugaskan untuk mengelola bank sampah, mulai dari musyawarah dengan pengusaha & masyarakat untuk kesepakatan kerjasama dan melakukan edukasi, hingga daur ulang sampah organik dan anorganik. Kemudian Gili Eco Trust membawa produknya ke target adopter dan membiarkan target adopter mencoba produk sosial yang ditawarkan supaya mereka lebih yakin terhadap manfaat produk sosial tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi Pemasaran Sosial, Kampanye Pelestarian Lingkungan, Metode Kualitatif.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:16
Last Modified: 19 Jan 2024 08:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44146

Actions (login required)

View Item View Item