RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING DAN CONTROLLING SISTEM LAMPU LALU LINTAS PADA KONDISI TERTENTU BERBASIS WEBSITE

Indra, Yunia (2023) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MONITORING DAN CONTROLLING SISTEM LAMPU LALU LINTAS PADA KONDISI TERTENTU BERBASIS WEBSITE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR _INDRA YUNIA_F1D019039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Artikel Jurnal_F1D019039_Indra Yunia -.pdf

Download (799kB)

Abstract

Lampu lalu lintas merupakan salah satu infrastruktur yang digunakan untuk mengatur lalu lintas dan memberikan rasa aman kepada pengguna jalan. Rasa aman tersebut meliputi pengurangan tingkat kemacetan dan kecelakaan. Namun demikian, pada tahun 2023 jumlah kendaraan di Kabupaten Lombok Tengah mencapai 359.052. Untuk mengetahui perilaku pengendara serta kondisi lalu lintas, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memantau kondisi lalu lintas serta pengendara lalu lintas. Untuk itu dibuatkan sebuah sistem informasi yang dapat melakukan monitoring terhadap lampu lalu lintas yang berjalan, dilengkapi dengan fitur berupa visualisasi untuk controlling terhadap lampu lalu lintas dalam beberapa kondisi tertentu. Hal ini bertujuan untuk memberikan hak utama penggunaan jalan kepada pengguna jalan yang memperoleh hak utama sesuai dengan yang diatur dalam Undang-undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULAJ) Pasal 134, sehingga seluruh pengguna jalan dapat merasa aman dalam berkendara. Sistem informasi ini akan dikembangkan menggunakan metode Extreme Programming (XP) dan diuji dengan menggunakan metode blackbox testing untuk menguji fungsionalitas sistem, serta metode User Acceptance Testing (UAT) untuk memeriksa kesesuaian sistem dengan keinginan pengguna. Penggunaan metode XP dalam mengembangkan sistem dapat memberikan hasil yang baik yang dapat membantu Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah dalam melakukan monitoring lalu lintas. Dari sistem yang dibuat dilakukan pengujian UAT dengan 7 orang responden dari Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah yang menghasilkan persentase kelayakan penggunaan sistem sebesar 81,35%, dengan jumlah persentase yang diperoleh, berdasarkan tingkatan persentase pada UAT testing, hasil tersebut dapat dikatakan baik dan sistem layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Lampu lalu lintas , sistem informasi, monitoring, controlling, Extreme Programming (XP)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:44
Last Modified: 22 Jan 2024 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44161

Actions (login required)

View Item View Item