PERJANJIAN BAGI HASIL ANTARA PETANI PEMILIK LAHAN DENGAN PETANI PENGGARAP PADA TANAMAN TEMBAKAU DI DESA RUMBUK TIMUR KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

RIFAT MAS, MANIK (2023) PERJANJIAN BAGI HASIL ANTARA PETANI PEMILIK LAHAN DENGAN PETANI PENGGARAP PADA TANAMAN TEMBAKAU DI DESA RUMBUK TIMUR KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_RIFAT MAS MANIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
Jurnal_RIFAT MAS MANIK.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian bagi hasil tembakau antara pemilik lahan dengan petani penggarap di Desa Rumbuk Timur Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan-pendekatan perundangundangan, pendekatan konseptual, pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan bahan hukum dan data yaitu wawancara dan studi kepustakaan/document, sedangkan analisis bahan hukum menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, pilihan sistem bagi hasil yang digunakan dalam perjanjian bagi hasil pertanian di masyarakat Desa Rumbuk Timur, banyak menggunakan perbandingan dengan imbangan bagi hasil (1:1) dan (1:2) dan untuk tanaman palawija di sawah dan untuk tanaman yang ditanam di tanah kering bagian penggarap adalah (2:3) dan pemilik (1:3). Dari hasil penelitian hambatan yang di hadapi dalam melakukan perjanjian bagi hasil antara pemilik lahan dan petani penggarap adalah tidak ada sosialisasi dari pihak manapun terkait UndangUndang Nomor 2 Tahun 1960 tentang Perjanjian Bagi Hasil dalam kerjasama pertanian, adanya kebiasaan-kebiasaan yang telah berlangsung sejak lama secara turun temurun. Pelaksanaan perjnajian berdasarkan atas dasar saling percaya dan di lakukan secara lisan tanpa adanya pembuatan akta perjanjian. Untuk mengantisipasi hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan perjanjian bagi hasil perlu diadakan sosilaisasi kepada masyarakat sehingga hukum adat dan kebiasaan tidak digunakan lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): perjanjian bagi hasil, petani pemilik, petani penggarap, tembakau
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:43
Last Modified: 24 Jan 2024 07:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44170

Actions (login required)

View Item View Item