KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DAN ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN SEKS DI LINGKUNGAN GATEP, AMPENAN SELATAN, KOTA MATARAM

Nazula Dwi, Kesumaningrum (2023) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DAN ANAK USIA DINI DALAM PENDIDIKAN SEKS DI LINGKUNGAN GATEP, AMPENAN SELATAN, KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NAZULA DWI KESUMANINGRUM (L1B017083) ILMU KOMUNIKASI edit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL NAZULA DWI KESUMANINGRUM (L1B017083) ILKOM.pdf

Download (344kB)

Abstract

Komunikasi antarpribadi orang tua dan anak menjadi kegiatan yang sering dilakukan dalam lingkungan keluarga. Komunikasi dilakukan agar mempererat tali kasih sayang antara orang tua dan anak. Keluarga memiliki kewajiban dalam memberikan pendidikan bagi anak sejak usia dini. Pendidikan seks menjadi salah satu pendidikan yang seharusnya diberikan oleh orang tua. Kemudian peneliti memutuskan untuk menggali bagaimana komunikasi antar pribadi antara orang tua dan anak serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam pendidikan seks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua belum mampu berperan aktif dalam memberikan pendidikan seks kepada anak usia dini. Adapun faktor pendukungnya adalah komunikasi antara orang tua dan anak berjalan dengan baik, orang tua mampu memberikan empati dan rasa nyaman ketika melakukan komunikasi, anak mampu terbuka kepada orang tua dalam permasalahan seks, dan orang tua sudah mampu untuk melindungi anak dari kejahatan seksual. Faktor penghambatnya adalah kurangnya pengetahuan orang tua terkait pendidikan seks, menganggap pendidikan seks belum penting diberikan kepada anak, dan faktor ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi Antarpribadi, Pendidikan Seks, Orang Tua, Anak Usia Dini
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:44
Last Modified: 24 Jan 2024 07:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44172

Actions (login required)

View Item View Item