PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN KAWISTA (Limonia acidissima) TERHADAP SISTEM IMUN IKAN KOI (Cyprinus carpio)YANG DIINJEKSI DENGAN BAKTERI Aeromonas hydrophila

Dandung, Stiawan (2023) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK DAUN KAWISTA (Limonia acidissima) TERHADAP SISTEM IMUN IKAN KOI (Cyprinus carpio)YANG DIINJEKSI DENGAN BAKTERI Aeromonas hydrophila. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DANDUNG (C1K018015).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
ARTIKEL DANDUNG STIAWAN.C1K018015.pdf

Download (450kB)

Abstract

Budidaya ikan koi pada kegiatannya memiliki banyak hambatan yang ditemukan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang tinggi seperti hama serta penyakit pada ikan koi. A. hydrophila ialah bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit menular pada ikan air tawar. Salah satu upaya pencegahan serta pengobatannya yaitu dengan memanfaatkan tanaman yang mempunyai kandungan antimikroba, salah satunya adalah tanaman kawista. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun kawista (L. acidissima) terhadap sistem imun ikan koi (Cyprinus carpio) yang diinjeksi bakteri A. hydrophila. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 Perlakuan dan 3 ulangan yaitu P1 (K+) (Tidak diberikan ekstrak daun kawista dan diinjeksi bakteri A. hydrophila), P2 (K-) (Tidak diberikan ekstrak daun kawista dan diinjeksi NaCl 0.9%), P3 (Penambahan ekstrak daun kawista pada pakan dengan dosis 0.5% dan diinjeksi bakteri A. hydrophila), P4 (Penambahan ekstrak daun kawista pada pakan dengan dosis 1% dan diinjeksi bakteri A. hydrophila), P5 (Penambahan ekstrak daun kawista pada pakan dengan dosis 2% dan diinjeksi bakteri A. hydrophila). Pada penelitian ini diperoleh perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan P4 dengan nilai total eritrosit sebesar 1.90 x106 sel/mm3, total leukosit 2.63 x104 sel/mm3, diferensial leukosit terbagi menjadi 4 bagian yaitu limfosit 73.7%, monosit 8.7%, neutrofil 23,7%, dan trombosit 15,7%, hemoglobin 74.9%, hematokrit 17.39%, aktivitas fagosistosis 74.9%, dan Total Bakteri Count (TBC) sebesar OD620 2.89 dan survival rate sebesar 78%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan esktrak daun kawista dengan dosis 1% pada pakan sangat efektif karena mampu meningkatkan sistem imun ikan koi yang diinjeksi bakteri A. hydrophila dengan perlakuan terbaik terdapat pada P4.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan koi, A. hydrophila, Daun kawista
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:44
Last Modified: 24 Jan 2024 07:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44174

Actions (login required)

View Item View Item