POLA JARINGAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

GEDE SUDANI, ADITHYA (2023) POLA JARINGAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi gde sudani_merged (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
jurnal gede sudani adithya.pdf

Download (206kB)

Abstract

Organisasi memiliki struktur memisahkan tugas serta fungsi masing- masing dalam bagianbagian lebih kecil, namun dengan tujuan yang sama. Bagian-bagian dalam komunikasi seharusnya memiliki sistem komunikasi yang baik sehingga memudahkan koordinasi dalam sebuah organisasi. Dalam sebuah organisasi, komunikasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan dikarena hal ini bisa dipelajari untuk keberlangsungan dan keberlanjutan sebuah organisasi serta memberikan pembenahan yang dibutuhkan oleh organisasi itu sendiri. Pemimpin organisasi wajib memperhatikan bagaimana keadaan komunikasi orang-orang yang dipimpin dengan harapan hal itu akan membuat kegiatan organisasi berjalan dengan baik serta mendorong kinerja anggota atau karyawan secara menyeluruh. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah instansi yang memiliki kewajiban untuk menyusun serta melangsungkan kebijakan didalam bidang investasi, menjalankan layanan administrasi terkait investasi, perizinan serta non perizinan secara sistematis dan mengedepankan prinsip integrasi, simplifikasi, koordinasi, keamanan, sinkronisasi, kepastian serta transparansi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola jaringan komunikasi organisasi di dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu provinsi Nusa Tenggara Barat dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan karyawan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang meliputi atasan dan bawahanya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data menggunakan analisis Bogdan yang merupakan sebuah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang didapatkan dari hasil mewawancara, catatan lapangan, serta bahan-bahan lain sehingga bisa mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan ke orang lain. Hasil dari penelitian ini adalah Komunikasi vertikal di Dinas Penanaman Modal dan TPSP membentuk pola komunikasi rantai. Komunikasi horizontal di Dinas Penanaman Modal dan TPSP membentuk pola komunikasi semua saluran atau bintang yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan untuk menyelesaikan tugas. Komunikasi lintas saluran di Dinas Penanaman Modal dan TPSP mempermudah pekerjaan yang telah diberikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komunikasi, Pola jaringan, Organisasi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44185

Actions (login required)

View Item View Item