PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI STEM MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP

RAUDATUL, JANNAH (2023) PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI STEM MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Jan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Jurnal Raudatul.pdf

Download (184kB)

Abstract

Raudatul Jannah. 2023. Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM Melalui Kegiatan Lesson Study Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMP. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Mataram di bawah bimbingan Prof. Dr. Agus Ramdani, M.Sc. selaku dosen pembimbing I, dan Dr. Dadi Setiadi, M.Sc. selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik terintegrasi STEM melalui kegiatan lesson study untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan proses sains. Pengembangan LKPD pada mata Pelajaran IPA SMP kelas VII pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia. Pengembangan LKPD mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analyse, Desain, Develop, Implementation and Evalution). Instrumen kelayakan LKPD terintegrasi STEM yang digunakan adalah angket kelayakan produk. Instrumen kepraktisan yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Instrumen LKPD terintegrasi STEM yang digunakan adalah tes literasi sains dan keterampilan proses sains. Data kelayakan dan data kepraktisan dianalisis menggunakan persamaan persentase, sedangkan data efektivitas dianalisis menggunakan uji Normalitas-Gain (N-Gain). Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi STEM memiliki kategori sangat layak (86,40%) untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Hasil uji kepraktisan menunjukkan LKPD terintegrasi STEM terbukti sangat praktis (85,05%) digunakan dalam proses pembelajaran (82%), bagi guru (87,50%), dan bagi peserta didik (85,66%). Sedangkan hasil uji efektivitas dari produk yang dikembangkan untuk hasil kemampuan literasi sains dengan nilai N-Gain 0,50 (sedang) dan hasil analisis keterampilan proses sains sebesar 0,60 (sedang). Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD terintegrasi STEM ini cukup efektif untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Lembar Kerja Peserta Didik, STEM, Literasi Sains, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44187

Actions (login required)

View Item View Item