PENGARUH SISTEM BEDENGAN DAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU PANJANG (Solanum melongena L.)

LISA, SEFTIANINGSIH (2023) PENGARUH SISTEM BEDENGAN DAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG UNGU PANJANG (Solanum melongena L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_C1M019075_LISA SEFTIANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
C1M019075_LISA SEFTIANINGSIH.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem bedengan dan dosis pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung ungu (Solanum melongena L.) telah dilakukan dengan metode experimental di lahan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial. Yang menjadi faktor pertama adalah sistem bedengan dengan dua aras yaitu bedeng rorak (B1) dan bedeng konvensional (B2). Faktor ke dua adalah dosis pupuk kandang sapi, terdiri atas empat aras yaitu D0 (tanpa pupuk), D1 (5 ton/ha), D2 (10 ton/ha), D3 (15 ton/ha). Kedua faktor tersebut diulang tiga kali sehingga diperoreh delapan perlakuan dan dua puluh empat unit percobaan. Hasil percobaan menunjukkan bahwa perlakuan sistem bedengan berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter pengamatan. Perlakuan dosis pupuk kandang sapi berpengaruh nyata terhadap berat berangkasan kering tanaman, namun tidak berpengaruh terhadap parameter lainnya. Terdapat pengaruh interaksi antara dua faktor yang digunakan yaitu pada parameter tinggi tanaman 56 hst, laju pertumbuhan tinggi tanaman, laju pertumbuhan jumlah daun, jumlah cabang 56 hst, berat berangkasan basah tanaman, berangkasan kering tanaman, berat buah per tanaman, berat buah per petak dan potensi berat buah per ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Terung Ungu Panjang, Bedengan, Dosis Pupuk Kandang Sapi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44189

Actions (login required)

View Item View Item