PENGARUH DOSIS CAMPURAN ARANG SEKAM PADI DAN PUPUK KANDANG KAMBING PADA SISTEM RORAK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.)

KARNILA, CAHAYANI (2023) PENGARUH DOSIS CAMPURAN ARANG SEKAM PADI DAN PUPUK KANDANG KAMBING PADA SISTEM RORAK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M019064_KARNILA CAHAYANI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
C1M019064_KARNILA CAHAYANI.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk kandang kambing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat pada sistem rorak. Percobaan dilaksanakan pada bulan Maret hingga Agustus 2023. Percobaan dilaksanakan di Dusun Tutuk, Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari dua faktor perlakuan. Faktor pertama adalah jenis bedeng (B) terdiri dari dua aras yaitu bedeng konvensional dan bedeng rorak. Faktor ke dua adalah dosis pupuk kandang kambing (D) terdiri dari empat aras yaitu D0 (kontrol), D1 (5 ton/ha), D2 (10 ton/ha), dan D3 (15 ton/ha). Kedua faktor tersebut dikombinasikan dan diulang sebanyak tiga kali sehingga diperoleh 24 bedeng perlakuan. Hasil percobaan menunjukan bahwa perlakuan jenis bedeng berpengaruh nyata terhadap jumlah cabang per tanaman 49 HST, berat total buah per tanaman, berat buah per petak dan potensi berat buah per hektar. Bedeng konvensional lebih tinggi pada pertumbuhan tanaman, sebaliknya bedeng rorak lebih tinggi pada hasil tanaman. Perlakuan dosis campuran pupuk kandang kambing dan arang sekam tidak berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter pengamatan. Interaksi perlakuan jenis bedeng dan dosis campuran pupuk kandang kambing dan arang sekam tidak berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter pengamatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bedeng Konvensional, Bedeng Rorak, Dosis Campuran Arang Sekam dan Pupuk Kandang Kambing
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44192

Actions (login required)

View Item View Item