IMPLEMENTASI ETIKA KOMUNIKASI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) KOTA MATARAM DALAM MENANGANI KASUS KEKERASAN SEKSUAL ANAK DI KOTA MATARAM

ULFIANI, HAYATI (2023) IMPLEMENTASI ETIKA KOMUNIKASI LEMBAGA PERLINDUNGAN ANAK (LPA) KOTA MATARAM DALAM MENANGANI KASUS KEKERASAN SEKSUAL ANAK DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ulfiani Hayati L1B018115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL ULFIANI HAYATI L1B018115.pdf

Download (187kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi etika komunikasi yang dilakukan oleh Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram dalam menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan informan dengan kriteria dan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles & Huberman serta menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram menggunakan proses komunikasi Lasswell yaitu “Siapa Mengatakan Apa Dengan Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Pengaruh Bagaimana” dan mengimplementasikan etika komunikasi umum dalam memperhatikan tutur kata, suasana, dan fokus pada lawan bicara serta mengimplementasikan etika komunikasi khusus dalam memperhatikan waktu dan tempat nyaman bagi korban, memperhatikan intonasi bicara, tidak memotong pembicaraan, dapat meyakinkan korban bahwa ia tidak bersalah, tidak menghakimi, serta memperhatikan gesture tubuh pada setiap alur penanganan dan pendampingan kasus kekerasan seksual anak di Kota Mataram. Pengimplementasian etika komunikasi ini bertujuan agar korban kekerasan seksual dapat merasa nyaman sehingga dapat mencegah trauma berkepanjangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Implementasi Etika Komunikasi, Lembaga Perlindungan Anak (LPA), Kekerasan Seksual Anak, Pendampingan, Penanganan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44194

Actions (login required)

View Item View Item