MOBILITAS PEKERJAAN PEREMPUAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN HIDUP (SURVIVAL) (Studi di Kawasan Wisata Tanjung Menangis Ketapang)

ALIMA, WAHYULI (2023) MOBILITAS PEKERJAAN PEREMPUAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEBERLANGSUNGAN HIDUP (SURVIVAL) (Studi di Kawasan Wisata Tanjung Menangis Ketapang). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALIMA WAHYULI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Artikel Mobilitas Pekerjaan Perempuan dan Dampanya Terhadap Keberlangsungan Hidup.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pola mobilitas pekerjaan perempuan dan dampaknya terhadap keberlangsungan hidup (survival) di Kawasan Wisata Tanjung Menangis Ketapang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa telah terjadi mobilitas jenis pekerjaan perempuan, yang dulunya pekerjaan kebanyakan sebagai buruh tani dan pedagang dan sekarang (pada saat penelitian) pekerjaan yang banyak dilakukan oleh perempuan yaitu karyawan cafe dan penjaga tempat sholat serta kamar mandi. Telah terjadi perubahan status pekerjaan dulu kebanyakan sebagai pekerja upahan dan sekarang (pada saat penelitian) kebanyakan sebagai pekerja usaha sendiri. Dampak mobilitas terhadap keberlangsungan hidup pekerja perempuan yaitu adanya dampak positif berupa perubahan terhadap pendapatan masyarakat dan mereka bisa melangsungkan pendidikan anak sedangkan dampak negatif yakni kurangnya interaksi dengan masyarakat yang berada dilingkungan tempat tinggalnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mobilitas Pekerjaan, Dampak, Keberlangsungan Hidup
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44195

Actions (login required)

View Item View Item