PENGARUH PENAMBAHAN ASAM LEMAK TERHADAP EPOKSIDASI KEMOENZIMATIK MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa L.)

EKA, KUSMIATI (2023) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM LEMAK TERHADAP EPOKSIDASI KEMOENZIMATIK MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EKA KUSMIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ARTIKEL EKA KUSMIATI.pdf

Download (251kB)

Abstract

Epoksidasi kemoenzimatik minyak biji ketapang sebagai pengganti minyak bumi yang lebih ramah lingkungan dengan penambahan asam lemak telah diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asam lemak terhadap karakteristik epoksi dan untuk mendapatkan kondisi optimum epoksidasi. Epoksidasi kemoenzimatik minyak biji ketapang dilakukan dengan mereaksikan minyak biji ketapang, asam lemak sebagai pembawa oksigen aktif, hidrogen peroksida (H2O2) sebagai donor oksigen, pelarut n-heksana, serta enzim lipase (Lipozyme TL IM) sebagai katalis. Kondisi optimum reaksi epoksidasi diperoleh dengan penambahan 18 % asam oleat, dan waktu reaksi 4 jam. Bilangan oksiran (OOC) dan konversi relatif oksiran (RCO) yang dihasilkan masingmasing sebesar 3,15 % dan 68,77 %. Epoksi yang dihasilkan berwarna putih tulang dengan analisis fourier transform infrared spectroskopy (FTIR) menunjukkan serapan khas senyawa epoksi pada bilangan gelombang 952,64 cm -1 yang mengindikasikan adanya ikatan C-C pada senyawa epoksi. Nilai bilangan iod epoksi yang diperoleh sebesar 47,37 mg Iod/100 g epoksi serta nilai viskositas 10,084 cP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Asam Lemak, Kemoenzimatik, Minyak Biji Ketapang, Bilangan Oksiran (OOC), Konversi Relatif Oksiran (RCO)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44198

Actions (login required)

View Item View Item