PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII.10 SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

JAYA, ANDRI (2015) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII.10 SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
COVER - ABSTRAK.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text
ISI - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.10 SMP Negeri 4 Mataram tahun pelajaran 2014/2015 pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus I adalah 10 dengan kategori kurang aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I, skor aktivitas siswa adalah 10,68 dengan kategori aktif. Pada pertemuan pertama siklus II, skor aktivitas siswa adalah 13,34 dengan kategori aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus II, skor aktivitas siswa adalah 15,34 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 79,83 dan 85,18 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 74,19% dan 87,5%. Dengan melihat hasil belajar dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning pada materi bangun ruang sisi datar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.10 SMP Negeri 4 Mataram tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 May 2018 01:45
Last Modified: 30 May 2018 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4420

Actions (login required)

View Item View Item