PENGARUH PANJANG STEK EKSTRAK PERTUMBUHAN STEK NAGA FAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS MATARAMPANJANG STEK DAN PEMBERIANGEL LIDAH BUAYATERHADAPUMBUHAN STEK BATANG TANAMAN NAGA (Hylocereus costaricencis L.)

ZIELFHANA, FITRI (2023) PENGARUH PANJANG STEK EKSTRAK PERTUMBUHAN STEK NAGA FAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS MATARAMPANJANG STEK DAN PEMBERIANGEL LIDAH BUAYATERHADAPUMBUHAN STEK BATANG TANAMAN NAGA (Hylocereus costaricencis L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZIELFHANA FITRI_C1M017153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL ILMIAH SKRIPSI ZIELFHANA.pdf

Download (600kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh panjang stek dan pemberian beberapa konsentrasi ekstrak gel llidah buaya terhadap pertumbuhan stek batang tanaman naga (Hylocereus costaricencis L.).. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan dilapangan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap faktorial (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi gel lidah buaya yang terdiri atas 5 aras yaitu: k1 = 0 %, k2 =25 %, k3 = 50 %, k4 = 75 % dan k5 = 100 %. Faktor kedua yaitu panjang stek yang terdiri atas 3 aras yaitu: P1 = 20 cm, P2 = 30 cm dan P3 = 40 cm. Setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 45 unit percobaan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kombinasi perlakuan konsentrasi ekstrak gel lidah buaya dan panjang stek tidak berpengaruh terhadap seluruh variabel yang diamati. Secara mandiri perlakuan konsentrasi ekstrak gel lidah buaya mempengaruhi variabel jumlah tunas dan panjang akar, dan tidak berpengaruh terhadap variabel waktu tumbuh tunas, panjang tunas dan jumlah akar. Perlakuan panjang stek tidak berpengaruh terhadap semua variabel yang diamati.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Stek batang naga, Gel lidah buaya
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44202

Actions (login required)

View Item View Item