PERENCANAAN SISTEM JARINGAN PIPA TRANSMISI UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH DARI BENDUNGAN MENINTING KE KECAMATAN GUNUNGSARI DAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Muhammad Ramadhandy, Grantoro (2023) PERENCANAAN SISTEM JARINGAN PIPA TRANSMISI UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH DARI BENDUNGAN MENINTING KE KECAMATAN GUNUNGSARI DAN BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BISMILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Sumber air rata-rata terletak di wilayah Kabupaten Lombok Barat, namun PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda) melayani lebih banyak di Kota Mataram daripada di Kecamatan Gunungsari dan Batu Layar. Dengan kata lain, hanya 14 % di wilayah Gunungsari dan 9% di wilayah Batu Layar yang sudah terlayani kebutuhan air bersihnya oleh PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda). Dengan adanya perencanaan ini, diharapkan kebutuhan air bersih di Kecamatan Gunungsari dan Batu Layar dapat meningkat. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan perencanaan jaringan pipa air bersih di Kecamatan Gunungsari dan Batu Layar. Perencanaan jaringan air bersih ini di rencanakan ke 5 Desa, 3 Desa di wilayah Gunungsari dan 2 Desa di wilayah Batu Layar dengan sistem jaringan pipa transmisi. Jaringan pipa direncanakan dengan memanfaatkan Bendungan Meninting sebagai sumber air. Analisis hidrolika dilakukan menggunakan aplikasi Epanet 2.2. Hasil analisis menunjukkan bahwa total kebutuhan air bersih di Desa Mambalan 48,377 l/dt, Desa Dopang 8,074 l/dt, Desa Kekait 33,616 l/dt, Desa Batu Layar 21,887 l/dt, Desa Batu Layar Barat 10,778 l/dt. Pipa yang digunakan dalam perencanaan ini adalah pipa HDPE yang berdiameter 4 – 12 inchi. Direncanakan bangunan pelengkap berupa 3 reservoir dengan kapasitas reservoir (1) 1.700 m3 , reservoir (2) 400 m3 dan reservoir (3) 600 m3 . Total perkiraan anggaran biaya untuk sistem penyediaan air bersih di Kecamatan Gunungsari dan Batu Layar sebesar Rp. 51.173.552.000 (lima puluh satu milyar seratus tujuh puluh tiga juta lima ratus lima puluh dua ribu rupiah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Air bersih, Bendungan Meninting, Kecamatan Gunungsari dan Batu Layar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:42
Last Modified: 24 Jan 2024 09:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44204

Actions (login required)

View Item View Item