PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA MAJALAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 2 BAJUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NIKMATUL HUDUSIAH, NIKMATUL HUDUSIAH (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA MAJALAH ANAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN 2 BAJUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian tentang Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Media Majalah Anak pada siswa kelas III SDN 2 Bajur telah dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa menggunakan media cerita yang terdapat di dalam majalah anak agar siswa menjadi lancar dan dapat menemukan unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah cerita. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu : siklus ke I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus ke II terdiri dari 2 kali pertemuan, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan data aktifitas guru dan siswa dicatat dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Evaluasi kegiatan membaca dilakukan pada setiap akhir pertemuan ke 2 setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan pada siklus I, nilai rata- rata kelas yang diperoleh sebesar 72,11 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang dengan nilai tertinggi 94 dan nilai terendah 25. Sehingga persentase ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus I 71,42%. Hasil refleksi siklus I mengisyaratkan perbaikan tindakan pada siklus berikutnya. Pada siklus II, dari analisi data yang dilakukan jumlah siswa yang tuntas pada siklus II ini yaitu 35 orang dan siswa yang tidak tuntas 5 orang, dengan nilai tertinggi yang diperoleh 94 dan nilai terendah 25. Sedangkan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,77 begitu juga dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85,71%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Media Majalah Anak dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III SDN 2 Bajur Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran CIRC, Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 May 2018 04:54
Last Modified: 30 May 2018 04:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item View Item