PELAKSANAAN KESEPAKATAN TINDAKAN MEDIS ANTARA PIHAK KLINIK DENGAN PASIEN TREATMENT/PERAWATAN KECANTIKAN (STUDI PADA KLINIK KECANTIKAN DI KOTA MATARAM)

BAIQ NOVA, PERMATASARI (2023) PELAKSANAAN KESEPAKATAN TINDAKAN MEDIS ANTARA PIHAK KLINIK DENGAN PASIEN TREATMENT/PERAWATAN KECANTIKAN (STUDI PADA KLINIK KECANTIKAN DI KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - Baiq Nova Permatasari (D1A020103)ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL Baiq Nova Permatasari (D1A020103).pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan kesepakatan tindakan medis antara pihak klinik dengan pasien treatment kecantikan di Kota Mataram dan mengetahui jika terjadinya wanprestasi/kelalaian dalam pelaksanaan kesepakatan tindakan medis antara pihak klinik dengan pasien perawatan kecantikan di Kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris yang menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (statue approach), pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pedekatan sosiologis (sociological approach). Teknik memperoleh data yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian di lapangan menunjukkan pelaksanaan kesepakatan tindakan medis antara pihak klinik dengan pasien treatment kecantikan di Klinik Kecantikan Kota Mataram telah memenuhi syarat dan secara yuridis sah sesuai dengan ketentuan Pasal 1320 KUH Perdata, dan dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu : (a) tahap pendaftaran, (b) tahap konsultasi, (c) tahap pemberian informed consent, (d) tahap persetujuan dan penandatanganan. Wanprestasi/kelalaian dalam pelaksanaan kesepakatan tindakan medis antara pihak klinik dengan pasien treatment kecantikan terjadi jika adanya ketidakpelaksanaan kewajiban atau ketidakpenuhan prestasi yang telah disepakati sehingga menyebabkan kerugian pada pasien. Jika kesalahan yang terjadi disebabkan oleh dokter, maka dokter akan memberikan perawatan hingga pemulihan kondisi kembali secara gratis sebagai tanggungjawab pihak klinik kecantikan atas wanprestasi yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesepakatan Tindakan Medis, Perawatan Kecantikan, Wanprestasi.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:43
Last Modified: 24 Jan 2024 09:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44211

Actions (login required)

View Item View Item