ANALISIS PENGATURAN “PERBUATAN YANG TERPUJI” DALAM KETENTUAN MASA PERCOBAAN PIDANA MATI DI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2023 TENTANG KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA

BAIQ VIDIA, HAERUNNISA (2023) ANALISIS PENGATURAN “PERBUATAN YANG TERPUJI” DALAM KETENTUAN MASA PERCOBAAN PIDANA MATI DI UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2023 TENTANG KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ VIDIA HAERUNNISA (D1A010208).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI BAIQ VIDIA HAERUNNISA (D1A02010)-AKADEMIK FIX.pdf

Download (799kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami perbuatan yang terpuji dalam ketentuan masa percobaan pidana mati di Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP dan untuk memahami dan menganalisa perbuatan yang terpuji dalam pidana mati pada sistem hukum negara Amerika Serikat dan China. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif. Pengaturan perbuatan yang terpuji selama masa percobaan yang dapat merubah pidana mati menjadi pidana penjara seumur dengan Keputusan Presiden setelah mendapatkan pertimbangan Mahkamah Agung diatur dalam Pasal 100 ayat (4) KUHP baru. Definisi atau standar frasa perbuatan yang terpuji tersebut tidak diatur lebih lanjut, baik itu dalam bentuk aturan turunan atau peraturan teknis. KUHP Amerika serikat tidak menerapkan perbuatan yang terpuji yang dapat merubah pidana mati, namun KUHP Amerika serikat mengatur perbuatan yang terpuji untuk mengurangi pidana penjara. Sedangkan KUHP China mengatur perbuatan yang terpuji dalam Pasal 50 KUHP China dan mengenai syarat-syarat perbuatan yang terpuji diatur dalam Pasal 78 KUHP China.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Masa Percobaan, Perbuatan Yang Terpuji, Pidana Mati
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:43
Last Modified: 24 Jan 2024 09:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44220

Actions (login required)

View Item View Item