PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL TEPUNG RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii SEBAGAI FEED ADDITIVE PADA PAKAN KOMERSIL IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Try, Wahyunyngsyh (2023) PENAMBAHAN EKSTRAK ETANOL TEPUNG RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii SEBAGAI FEED ADDITIVE PADA PAKAN KOMERSIL IKAN NILA (Oreochromis niloticus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_TRY WAHYUNYNGSYH_C1K019085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL_TRY WAHYUNYNGSYH_C1K019085.pdf

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pemberian pakan komersial dengan penambahan ekstrak etanol tepung rumput laut K. alvarezii terhadap pertumbuhan ikan nila (O. niloticus). Penelitian ini dilaksanakan pada Juli – Oktober 2023 di Laboratorium Reproduksi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu pakan komersil (kontrol/P1), Ekstraksi etanol 96% 1:3 (P2), Ekstraksi etanol 96% 1:4 (P3), dan Ekstraksi etanol 96% 1:5 (P4). Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi tepung rumput laut K. alvarezii selama 30 jam selanjurnya disaring dan dievaporasi pada suhu 40 oC. Dosis ekstrak yang dicampur pada pakan adalah 2 g/1 kg pakan dicampur 10 ml aquades. Parameter uji adalah rendemen K. alvarezii, berat mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik (LPS), konversi pakan (FCR), efesiensi pemanfaatan pakan (EPP), kelangsungan hidup (SR) dan kualitas air. Analisa data menggunakan Anova pada taraf nyata 0.05 dan dilakukan uji lanjut menggunakan uji Duncan. Hasil penelitian menujukan bahwa rendemen ekstrak etanol K. alvarezii yang diperoleh berkisar antara 3% - 6%. Pemanfaatan K. alvarezii pada pakan ikan nila mempengaruhi pertumbuhan, efesiensi pemanfaatan pakan (EPP), feed convention rate (FCR), dan survival rate (SR) ikan nila. Penambahan ekstrak etanol K. alvarezii 1:5 pada pakan menunjukan hasil terbaik karena dapat meningkatkan pertumbuhan dan pemanfaatan pakan ikan nila dengan tingkat kelangsungan hidup ikan nila sebesar 83%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ekstrak etanol, ikan nila, K. alvarezii, pakan.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:43
Last Modified: 24 Jan 2024 09:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44223

Actions (login required)

View Item View Item