KARAKTER KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) YANG DITANAM PADA BERBAGAI UKURAN UMBI TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN

Bagus Isra, Millano (2023) KARAKTER KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) YANG DITANAM PADA BERBAGAI UKURAN UMBI TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Bagus Isra Millano.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Artikel_Bagus_C1M019020.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan membandingkan karakter kuantitatif berapa genotipe bawang merah (Allium ascalonicum L.) yang ditanam pada berbagai ukuran umbi terhadap cekaman kekeringan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental yang dilakukan di rumah plastik Teaching Farm milik Prof. Dr. Ir. A. Farid Hemon, M.Sc., Desa Sigerongan, Kecamatan Lingksar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, pada bulan Juni sampai bulan September 2022. Rancangan dalam percobaan ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan tiga ulangan. Terdapat dua faktor dalam penelitian ini yaitu faktor pertama genotipe (G) dan faktor kedua ukuran umbi (K). Faktor genotipe (G) terdiri dari lima aras yaitu: g1= Sumenep; g2= Brebes; g3= Nganjuk Bauci; g4= Keta Monca; g5= Super Philip. Faktor ukuran umbi (K) terdiri dari tiga aras yaitu: k1= ukuran kecil (1 - 2,5 g); k2= ukuran sedang (2,6 - 4,1 g); k3= ukuran besar (4,2 – 5,7 g). Data hasil pengamatan dianalisis dengan uji ANOVA dan apabila nilainya signifikan (S) kemudian akan dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Penggunaan genotipe Nganjuk Bauci (G3) memiliki hasil umbi yang lebih unggul dibandingkan 5 genotipe yang diuji sedangkan pada faktor ukuran umbi yang lebih cocok dan memiliki hasil panen yang tinggi pada saat ditanam pada kondisi cekama kekeringan yaitu ukuran umbi sedang (K2).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bawang merah, Genotipe, Ukuran umbi, Cekaman kekeringan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:43
Last Modified: 24 Jan 2024 09:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44224

Actions (login required)

View Item View Item