PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KELAS VII.9 SMPN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

RYADHUSSOALIHIN, RYADHUSSOALIHIN (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KELAS VII.9 SMPN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TPS RYADHUSSOALIHIN (E1R009021).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di kelas VII.9 SMP Negeri 7 Mataram masih menggunakan pembelajaran dengan menyampaikan materi pembelajaran secara langsung sehingga tampak sebagai sebuah aliran informasi dari guru ke siswa. Hal ini berdampak pada kurangnya keikutsertaan siswa dalam pengonstruksian konsep pada materi yang sedang dipelajari sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan-persoalan matematika. Akibatnya, prestasi belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa pada materi segiempat yang dibatasi pada bangun datar persegi panjang dan persegi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi serta tahap refleksi, dimana indikator yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu apabila terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas dari siklus ke siklus dan minimal berkategori aktif serta terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa mencapai ≥ 75 dengan ketuntasan klasikal minimal 85% dari total siswa yang mengikuti tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya penigkatan aktivitas belajar siswa dari tiap siklus dengan skor aktivitas masing-masing 9 dan 11,5 dengan kategori cukup aktif dan aktif. Sedangkan rata-rata nilai prestasi belajar siswa tiap siklus masing-masing 76,29 dan 81,12 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal masing 61,9 dan 85,71%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi segiempat kelas VII.9 SMP Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelejaran Koopertatif Tipe TPS, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 30 May 2018 04:53
Last Modified: 30 May 2018 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4423

Actions (login required)

View Item View Item