ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI DAYA TARIK PETANI DALAM MELAKSANAKAN USAHATANI JAGUNG DI DESA MERTAK KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Herlis, Susika (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI DAYA TARIK PETANI DALAM MELAKSANAKAN USAHATANI JAGUNG DI DESA MERTAK KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Herlis Susika_Analisis Faktor-Faktor Yang Menjadi Daya Tar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
J_Herlis Susika_Analisis Faktor-Faktor Yang Menjadi Daya Tar.pdf

Download (762kB)

Abstract

Tanaman Jagung merupakan salah satu komoditi yang paling unggul untuk dibudidayakan oleh petani dikarenakan kebutuhannya yang terus menerus mengalami peningkatan. Selain sebagai bahan pangan tanaman Jagung juga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam seperti, bahan pakan ternak dan sebagai bahan baku industri, hal ini mengakibatkan prospek tanaman Jagung semakin meningkat dan semakin memikat minat petani untuk membudidayakannya. Pendapatan tanaman Jagung juga sangat tinggi dan terus menerus mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor apa saja yang menjadi daya tarik petani dalam melaksanakan usahatani jagung di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok tengah; (2) mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi petani dalam melaksanakan usahatani Jagung di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey yaitu dengan wawancara langsung kepada para petani dengan berpedoman pada daftar pertanyaan (kuesioner). Hasil penelitian menunjukkan Daya tarik petani untuk melaksanakan usahatani Jagung di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah didorong oleh tiga faktor yaitu faktor teknis, faktor sosial dan faktor ekonomi. Adanya ketersediaan lahan dan mudahnya proses budidaya tanaman Jagung merupakan daya tarik petani dari faktor teknis, faktor ekonomi mampu menarik minat petani melalui tingginya pendapatan yang diperoleh, rata-rata pendapatan petani Jagung sebesar Rp. 9.718.906/hektare dalam satu kali musim tanam dengan proses pemasaran yang sangat mudah untuk dilakukan. Mudahnya mendapatkan tenaga kerja, adanya kontribusi kelompok tani dan pandangan petani terhadap usahatani Jagung yang sangat baik dikarenakan pendapatan usahatani Jagung mampu memenuhi kebutuhan dan ekonomi keluarga.Kendala-kendala yang dihadapi oleh usahatani Jagung di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah adalah kelangkaan dan tingginya harga pupuk sebanyak 23 orang dengan persentase sebanyak 74%, 26%, serangan hama dan penyakit sebanyak 5 orang dengan persentase sebnayak 14% dan cuaca yang tidak setabil sebanyak 3 orang yaitu dengan persentase sebanyak 10%. Sehingga kendala yang paling sering di hadapi oleh petani Jagung di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah adalah kelangkaan dan tingginya harga pupuk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:07
Last Modified: 26 Jan 2024 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44231

Actions (login required)

View Item View Item