RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonikum L.) TERHADAP PEMBERIAN DOSIS PUPUK MAJEMUK DAN KONSENTRASI PUPUK CAIR KALSIMAT DI LAHAN KERING

Baiq Vivi, Alaydia (2024) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonikum L.) TERHADAP PEMBERIAN DOSIS PUPUK MAJEMUK DAN KONSENTRASI PUPUK CAIR KALSIMAT DI LAHAN KERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ VIVI ALAYDIA (C1M018024).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL BAIQ VIVI ALAYDIA (C1M018024) (1).pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon setiap interaksi pemberian beberapa dosis pupuk Majemuk dan konesntrasi pupuk cair Kalsimat terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini dilaksanakan di lahan petani di Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 sampai dengan bulan November 2022. Rancangan Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah aplikasi pupuk majemuk NPK yang terdiri dari 3 aras perlakuan yaitu: N1 400 kg/ha atau 0,3 gram/tanaman, N2 600 kg/ha atau 0,5 gram/tanaman dan N3 800 kg/ha atau 0,6 gram/tanaman. Faktor kedua aplikasi pupuk organik cair Kalsimat yang terdiri dari 3 aras perlakuan yaitu : K1 3 ml/l, K2 5 ml/l dan K3 7 ml/l. Dengan demikian diperoleh 9 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan interaksi pupuk majemuk dan konsentrasi pupuk cair Kalsimat berpengaruh nyata pada laju jumlah daun tanaman bawang merah dan tidak berpengaruh nyata pada laju pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah umbi, diameter umbi, bobot basah dan bobot kering tanaman bawang merah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bawang Merah, lahan kering, pupuk majemuk, pupuk cair Kalsimat
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:07
Last Modified: 26 Jan 2024 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44233

Actions (login required)

View Item View Item