PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY BERBANTUAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS, BERPIKIR KRITIS, DAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK

AMALIA, SYUZITA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS ARGUMENT- DRIVEN INQUIRY BERBANTUAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERIK SAINS, BERPIKIR KRITIS, DAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS_AMALIA SYUZITA_ I2E022001_ PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERBASIS ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERBAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
ARTIKEL_AMALIA SYUZITA_I2E022001.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul IPA berbasis Argument-Driven Inquiry berbantuan 3D Pageflip Professional yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan generik sains, berpikir kritis dan argumentasi ilmiah peserta didik. Jenis penelitian ini termasuk Research & Development (R&D). Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu pada langkah-langkah pengembangan 4D model yaitu define, design, develop, disseminate. Uji kelayakan dilakukan dengan validasi produk yang melibatkan 3 Validator Ahli dan 3 Validaror Praktisi. Uji coba instrumen tes dilakukan terhadap peserta didik kelas IX dengan jumlah 22 peserta didik. Uji kepraktisan melibatkan peserta didik pada satu kelas dan guru IPA. Uji keefektifan dilakukan dengan pretest dan postest pada skala terbatas di kelas VIII A. Penyebaran dilakukan dengan uji skala luas pada kelas VIII B dan VIII C, sedangkan penyebarluasan produk e-modul dilakukan di MTs Al-Muwahiddin Lelede Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul IPA yang telah dikembangkan layak untuk digunakan ke dalam pembelajaran dengan persentase 86,66% dan 88,79%. Uji kepraktisan e-modul berada pada kategori sangat praktis dengan persentase 90,57%. Keefektifan produk berdasarkan nilai N-gain berada pada kategori sedang. Kemampuan generik sains memiliki peningkatan N-gain 68,70%, kemampuan berpikir kritis 63,42% dan argumentasi ilmiah mengalami peningkatan 63,02%, sehingga e-modul berdasarkan tafsiran efektifitas N-gain produk berada pada kategori efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Hasil penyebaran produk berdasarkan uji N-gain menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik berada pada kategori sedang dengan tafsiran efektivitas ketuntasan klasikal pada kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk e-modul yang telah dikembangkan memiliki kriteria layak, sangat praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan generik sains, berpikir kritis dan argumentasi ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Argument-Driven Inquiry; 3D Pageflip Professional; Generik Sains; Berpikir Kritis; Argumentasi Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:08
Last Modified: 26 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44236

Actions (login required)

View Item View Item