PENGARUH MEDIA TANAM COCOPEAT DAN SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HIDROPONIK VERTIKULTUR

Dwi Rahayu, Lestari (2024) PENGARUH MEDIA TANAM COCOPEAT DAN SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM HIDROPONIK VERTIKULTUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Dwi Rahayu Lestari_C1M019035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL DWI RAHAYU LESTARI.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam cocopeat dan sekam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.) dengan menggunakan sistem hidroponik vertikultur telah dilakukan dengan metode eksperimental di greenhouse dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial. Faktor pertama adalah komposisi media tanam yaitu M1: cocopeat difermentasi+sekam, M2: cocopeat tidak difermentasi+sekam. Faktor kedua adalah perbandingan media tanam yaitu dengan menggunakan perbandingan berat dengan berat total 15 kg per perlakuan, yaitu: P1: cocopeat difermentasi+sekam, cocopeat tidak difermentasi+sekam (2:1), P2: cocopeat difermentasi+sekam, cocopeat tidak difermentasi+sekam (1:1), dan P3: cocopeat difermentasi+sekam, cocopeat tidak difermentasi + sekam (1:2). Hasil percobaan menunjukkan bahwa perlakuan komposisi media tanam berpengaruh nyata terhadap jumlah daun dan berat bersih, namun tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, laju pertambahan tinggi tanaman, laju pertambahan jumlah daun, diameter batang, laju pertambahan diameter batang, bobot segar dan bobot akar. Perlakuan perbandingan komposisi media tanam tidak berpengaruh nyata pada berat akar, tetapi berpengaruh nyata pada parameter lainnya. Tidak ada interaksi antara komposisi media tanam dan perbandingan media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hidroponik, Verikultur, Selada, Cocopeat, Sekam.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:08
Last Modified: 26 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44242

Actions (login required)

View Item View Item