TINJAUAN YURIDIS TENTANG KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU ANTARA PELAKU USAHA LAUNDRY DENGAN KONSUMEN (Studi di Kota Mataram)

MUH. HUZAIR TARMIZI, KHOLID (2023) TINJAUAN YURIDIS TENTANG KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU ANTARA PELAKU USAHA LAUNDRY DENGAN KONSUMEN (Studi di Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Muh. Huzair Tarmizi Kholid_D1A019357.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal_Muh. Huzair Tarmizi Kholid_D1A019357.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan klausula eksonerasi dalam perjanjian baku usaha jasa laundry di Kota Mataram dan perlindungan terhadap konsumen dalam kaitannya dengan klausula eksonerasi dalam perjanjian baku usaha jasa laundry di Kota Mataram. Dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif-empiris, maka dapat disimpulakn: 1) Berdasarkan hasil penelitian di 13 pelaku usaha jasa laundry, 8 pelaku usaha menerapkan klausula baku yang bersifat eksonerasi pada nota transaksinya, seperti “kancing lepas diluar tanggung jawab kami”, hal ini untuk melindungi kegiatan usahanya serta minimnya pengetahuan mengenai Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Sedangkan 5 lainnya tidak menerapkan klausula baku. 2) Perlindungan terhadap konsumen dalam kaitannya dengan klausula eksonerasi dalam perjanjian baku usaha jasa laundry di Kota Mataram, yaitu: Pertama, perlindungan hukum preventif dengan membentuk peraturan perundang-undangan yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, melakukan sosialisasi dalam bentuk pemasangan baliho, spanduk dan pembagian brosur kepada masyarakat, pelaksanaan Webinar Talkshow Pemberdayaan UMKM Konsumen Cerdas yang disiarkan melalui media elektronik. Kedua, perlindungan hukum represif dengan membuat lembaga-lembaga yang bertugas untuk meneyelesaikan sengketa konsumen seperti Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM), Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), lembaga peradilan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Klausula Eksonerasi, Perjanjian Baku, Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:08
Last Modified: 26 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44250

Actions (login required)

View Item View Item