KORELASI TERPAAN HOAKS MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP KRITIS MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MATARAM

Susyadi, Wijaya (2024) KORELASI TERPAAN HOAKS MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP KRITIS MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Susyadi Wijaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL Susyadi Wijaya.pdf

Download (602kB)

Abstract

Kemunculan internet telah menjadikan media sosial sebagai wadah yang memberikan fasilitas bagi para penggunanya untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi tanpa batas. Karena penyebaran informasi yang tiada batas, membuat informasi masuk begitu saja tanpa ada verifikasi lebih lanjut terhadap informasi tersebut. Hal inilah yang akhirnya melatar belakangi munculnya berita hoaks. Berita hoaks muncul karena adanya konflik yang terjadi diantara beberapa pihak, dan membuat banyak isu-isu yang bermunculan. Dan karena hal tersebut membuat sebagian orang memanfaatkan situasi ini untuk menulis sebuah berita hoaks dan membagikannya kepada publik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi korelasi antara terpaan hoaks di media sosial terhadap sikap kritis mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan dengan tenik sampling kuota dan jumlah sampel sebanyak 87 responden yang ditentukan dengan rumus Slovin. Adapun teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratification dan SOR (Stimulus-Organism-Respon). Hasil uji koefisien korelasi yang menunjukkan hubungan satu sama lain antara terpaan hoaks dengan sikap kritis mahasiswa yang ditunjukkan dengan koefesien korelasi sebesar 0,00. Akan tetapi, berdasarkan pedoman pengambilan keputusan tingkat koefisien korelasi ditemukan sebesar 0,472 atau berkorelasi sedang. Jadi, keputusan dari penelitian ini adalah H1 diterima, artinya, terpaan hoaks di media sosial berkorelasi terhadap sikap kritis mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram dengan tingkat hubungan sedang. Selain itu, hasil penelitian ini didukung oleh kurangnya ketertarikan responden terhadap sebuah pemberitaan hoaks, dapat dilihat dari indikator atensi dimana banyak dari responden yang membaca atau menonton sebuah berita hoaks hanya sesaat tanpa membaca berita hoaks tersebut secara keseluruhan presentase rata-rata 3,6%. Hal tersebut menunjukan kemampuan mahasiswa dalam menyaring suatu pemberitaan hoaks dan kemampuan ini mampu menghindarkan mahasiswa dari terpaan pemberitaan hoaks di media sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hoaks, Sikap Kritis, dan Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:09
Last Modified: 26 Jan 2024 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44258

Actions (login required)

View Item View Item