PERANAN PENYULUH DAN KEMAMPUAN PEREMPUAN TANI TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA TANI JAGUNG DI KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU.

MUH RANGGA, ALPIANSYAH (2024) PERANAN PENYULUH DAN KEMAMPUAN PEREMPUAN TANI TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA TANI JAGUNG DI KECAMATAN WOJA KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muh Rangga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
J__Muh Rangga Alpiansyah_0124.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan penyuluh dalam meningkatkan usaha tani jagung di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, mengidentifikasi kemampuan peranan perempuan tani di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, dan mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tingkat kemampuan perempuan tani di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok tani perempuan yang berada di Kabupaten Dompu Kecamatan Woja. Penelitian ini dilakukan di dua Desa yaitu Desa Saneo dan Desa Riwo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Penentuan daerah sampel dan kelompok tani sampel dalam penelitian ini dipilih secara tidak sengaja atau kebetulan ditemui pada saat melakukan penelitian di lapangan (accidental sampling). Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan secara tidak sengaja (accidental sampling) atau secara kebetulan yaitu berjumlah 42 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melakukan survey atau wawancara langsung kepada responden, dan pengumpulan data sekunder secara offline. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif menggunakan skala likert, dan analisis uji regresi linier berganda yang menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) peranan penyuluh dalam meningkatkan usaha tani jagung di Kecamatan Wajo Kabupaten Dompu tergolong atau berada pada kategori tingkat Kemampuan Selau yaitu sebanyak 39 orang responden (93%) yang menilai. (2) kemampuan peranan perempuan tani di Kecamatan Woja tergolong atau berada pada Kategori Selalu dengan skor maksimal sebanyak 32 orang (64%). (3) faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan perempuan tani di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu berada pada kategori berpengaruh dan tidak berpengaruh. Hasil perhitungan menggunakan analisis uji statistik analisis regresi linier berganda (multiple regression) digunakan jika variabel dependen dipengaruhi oleh lebih dari satu variabel independen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Penyuluh, Kemampuan Peran Perempuan , faktor tingkat kemampuan perempuan, Usaha Tani (Jagung)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:09
Last Modified: 26 Jan 2024 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44262

Actions (login required)

View Item View Item