EFEKTIVITAS PEMBERIAN AMELIORANMENGANDUNG MIKORIZA UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN SERAPAN NITROGEN SERTA FOSFOR TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) DI TANAH PASIRAN

MUHAMMAD ADYA, PURNAMA (2024) EFEKTIVITAS PEMBERIAN AMELIORANMENGANDUNG MIKORIZA UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN SERAPAN NITROGEN SERTA FOSFOR TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt) DI TANAH PASIRAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M019091 - Muhammad Adya Purnama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Artikel Adya Purnama FINAL.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pemberian amelioran mengandung mikoriza untuk meningkatkan hasil dan serapan nitrogen dan fosfor tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt). Percobaan ini dilakukan di Moncok Karya, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Laboratorium Mikrobiologi dan Laboratorium Fisika dan Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Percobaan disusun menggunakan rancangan acak kelompok yang terdiri dari atas lima perlakuan amelioran, yaitu PO: Kontrol (tanpa amelioran), PA: arang sekam padi + mikoriza, PK: kompos + mikoriza , PS: pupuk kandang sapi + mikoriza, dan PC: campuran arang sekam padi, kompos, pupuk kandang sapi dan mikoriza (1.1.1.1). Hasil penelitian menunjukkan aplikasi amelioran campuran arang sekam padi + kompos + pupuk kandang sapi + mikoriza (1:1:1:1) efektif meningkatkan tinggi tanaman, jumlah daun, konsentrasi P tersedia dan N total tanah, serapan N dan P oleh tanaman, jumlah spora dan kolonisasi pada akar serta bobot brangkasan basah dan kering tanaman di tanah pasiran. Formulasi amelioran campuran arang sekam padi + kompos + pupuk kandang sapi + Mikoriza (1:1:1:1) memberikan pengaruh yang nyata terhadap peningkatan pertumbuhan dan hasil jagung manis yang tertinggi. Untuk meningkatkan konsentrasi hara tanah, serapan hara tanaman, pertumbuhan dan hasil jagung manis dapat menggunakan formulasi amelioran campuran arang sekam padi + kompos + pupuk kandang sapi + mikoriza (1:1:1:1).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): amelioran; jagung manis; mikoriza
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:09
Last Modified: 26 Jan 2024 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44264

Actions (login required)

View Item View Item