PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA (Studi di Desa Tegal Maja Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara)

SITI, WULAN DARI (2024) PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA (Studi di Desa Tegal Maja Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRPSI(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (53kB)

Abstract

Membangun toleransi dalam keberagaman termasuk keberagaman agama tentunya bukanlah hal yang mudah. Keberagaman sering kali menjadi penyebab konflik, namun demikian terdapat beberapa wilayah yang masih menjunjung tinggi nilai toleransi dalam keberagaman agama, yakni Desa Tegal Maja. Terwujudnya toleransi tersebut tentunya tidak lepas dari peran tokoh masyarakat yang ada di Desa tersebut. Oleh karena itu penelitian ini sangat penting dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Peran Tokoh Masyarakat Dalam Membangun Sikap Toleransi Antar Umat Beragama (Di Desa Tegal Maja Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran tokoh masyarakat dalam membangun sikap toleransi antar umat beragama di Desa Tegal Maja yaitu sebagai fasilitator, mediator, dan komunikator. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi tokoh masyarakat dalam membangun sikap toleransi antar umat beragama di Desa Tegal Maja yaitu faktor pendukung meliputi faktor kebudayaan, dan faktor perkawinan antar agama. Sedangkan faktor penghambat yaitu belum adanya aturan resmi terkait perkawinan antar agama, dan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tokoh Masyarakat, Toleransi, Umat Beragama
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:09
Last Modified: 26 Jan 2024 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44265

Actions (login required)

View Item View Item