PENINGKATAN KERJASAMA ENERGI RUSIA - CHINA DI TENGAH KRISIS RUSIA – UKRAINA 2022

Ahmat, Royyan (2024) PENINGKATAN KERJASAMA ENERGI RUSIA - CHINA DI TENGAH KRISIS RUSIA – UKRAINA 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan kerjasama Rusia dan China yang membangun kemitraan strategis dengan China ditengah krisis invasi militer terhadap Ukraina. Penelitian ini berfokus pada analisis proses pengambilan keputusan Rusia bertujuan untuk menganalisis apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi rasionalitas Rusia dalam melakukan kerjasama energi dengan China ditengah konflik dengan Ukraina. Pendekatan kualitatif digunakan sebagai metode untuk menekankan pada aspek pemahaman lebih mendalam. Penggunaan teori Decision Making menjadi kerangka pemikiran sebagai pembahas pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan strategis antara Rusia dan China mempunyai implikasi terhadap lanskap energi global. Hal ini berpotensi mengurangi ketergantungan Rusia pada pasar Eropa dan memberi China akses lebih besar terhadap sumber daya energi Rusia. Kemitraan energi Rusia-Tiongkok juga memiliki dimensi geopolitik. Hal ini memperkuat hubungan antara dua kekuatan besar dan dapat mempengaruhi geopolitik regional dan global.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kerjasama Energi, Krisis Rusia-Ukraina 2022, Decision Making, Rusia, China, Pasar Energi, Kebijakan Luar Negeri.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:09
Last Modified: 26 Jan 2024 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44269

Actions (login required)

View Item View Item