ANALISIS KUALITAS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 UNTUK SMP/MTS KELAS VIII: STUDI KOMPARASI TERBITAN PEMERINTAH DAN PENERBIT SWASTA (INTAN PARIWARA)

PUTRI, SEPTIANA SYAENDRI (2016) ANALISIS KUALITAS BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 UNTUK SMP/MTS KELAS VIII: STUDI KOMPARASI TERBITAN PEMERINTAH DAN PENERBIT SWASTA (INTAN PARIWARA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text (Bahasa Indonesia)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan utama yang dikaji pada penelitian ini adalah analisis kualitas buku teks Bahasa Indonesia kurikulum 2013 untuk SMP/MTs kelas VIII: Studi komparasi terbitan Pemerintah dan penerbit swasta (Intan Pariwara). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas Buku Teks Bahasa Indonesia (BTBI) kelas VIII terbitan Kemendikbud, mendeskripsikan kualitas BTBI kelas VIII terbitan Intan Pariwara dan mendeskripsikan perbandingan kualitas kedua BTBI tersebut. Mengingat penelitian ini adalah studi pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dilanjutkan dengan teknik cata. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif komparatif. Kriteria yang dinilai adalah berdasarkan ketentuan dari BSNP, yaitu dilihat dari kualitas isi, bahasa, penyajian, dan tampilan atau kegrafikan. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui beberapa hal: Pertama dari segi isi pada komponen kesesuaian materi dengan KI/KD BTBI terbitan Kemendikbud dapat dikatakan memiliki kualitas yang lengkap Perolehan untuk kualifikasi lengkap sebanyak 15 KD dengan persentase 100%. Sementara itu BTBI terbitan Intan Pariwara pada komponen kesesuaian materi dengan KI/KD BTBI dapat dikatakan memiliki kualitas yang lengkap. Perolehan untuk kualifikasi kurang lengkap sebanyak 9 KD dengan persentase 60%. Pada aspek keaktualan materi dilihat dari bahan bacaan dan daftar pustaka, kedua BTBI tersebut mendapat status aktual. Pada aspek keakuratan materi kedua BTBI mendapat status cermat. Kedua, dilihat dari kualitas bahasa, terdapat dua aspek penilaian. Kedua BTBI tersebut dilihat dari kualitas bahasanya dapat dikategori tepat. Ketiga, dari segi kualitas penyajiannya, aspek yang dinilai adalah; petama pembangkit motivasi belajar siswa, BTBI terbitan Kemendikbud mendapat status menarik sedangkan untuk BTBI terbitan Intan Pariwara kurang menarik; kedua ada tidaknya soal latihan di setiap akhir bab mendapat status baik; ketiga glosarium dan indeks, BTBI terbitan Kemedikbud mendapat status lengkap, sedangkan BTBI terbitan Intan Pariwara berstatus kurang lengkap. Ketiga, dilihat dari segi kualitas tampilan/kegrafikan. Aspek pertama yang dinilai adalah ukuran buku, kedua BTBI tersebut mendapat status tepat. Aspek kedua adalah ukuran, jenis, dan format huruf, BTBI terbitan Kemendikbud mendapat status tidak tepat, sedangkan BTBI terbitan Intan Pariwars menadapat status tepat. Aspek ketiga adalah penggunaan ilustrasi, BTBI terbitan Kemendikbud mendapat status kurang sesuai sedangkan BTBI terbitan Intan Pariwara mendapat status sesuai. Dari analisis perbandingan yang peneliti lakukan berdasarkan kualitas isi, bahasa, penyajian, dan tampilan/kegrafikan. Disimpulkan bahwa BTBI terbitan Pemerintah (Kemendikbud R.I) dan BTBI terbitan Intan Pariwara mendapatkan nilai yang sama yaitu 33 point.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis buku ajar, isi, bahas, penyajian, tampalan/kegrafikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ahmadi S.Si
Date Deposited: 26 Aug 2017 05:08
Last Modified: 26 Aug 2017 05:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item