POTENSI TUMBUHAN OBAT BERBASIS ETNOBOTANI DI BLOK KHUSUS TAHURA NURAKSA DESA PAKUAN LOMBOK BARAT

Fadilla Dwi, Anggarini (2024) POTENSI TUMBUHAN OBAT BERBASIS ETNOBOTANI DI BLOK KHUSUS TAHURA NURAKSA DESA PAKUAN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIN-Skripsi Fadilla Dwi Anggarini (C1L019034) 1 (2) (1),,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Jurnal_Agroteksos_Fadilla Dwi A_C1L019034_Etnobotani Tumbuhan Berkhasiat Obat yg Dimanfaatkan Masyarakat Desa Pakuan, Lobar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah jenis tumbuhan yang berkhasiat obat, bagian tumbuhan dan pemanfaatan tumbuhan tersebut oleh masyarakat di Desa Pakuan Lombok Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Oktober 2023. Tumbuhan obat adalah tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Masyarakat Desa Pakuan sudah banyak yang memanfaatkan tumbuhan obat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan accidental sampling, penentuan sampel menggunakan rumus Slovin yaitu 94 responden yang terdiri dari: ahli pengobatan tradisonal, kepala dusun, dan masyarakat umum. Hasil penelitian etnobotani tumbuhan berkhasiat obat ditemukan 26 spesies dalam 15 famili. Spesies tumbuhan yang ditemukan memiliki manfaat untuk mengobati penyakit tertentu, beberapa spesies diantaranya mengobati penyakit batuk yaitu dengan menggunakan jahe (Zingiber officinale). Berdasarkan perhitungan Plant Part Value diketahui pemanfaatan tumbuhan tertinggi yaitu daun (46%) dan terendah digunakan yaitu rimpang (4%) dan umbi (4%). Cara penggunaan tumbuhan tertinggi dengan cara direbus (45,45%) dan terendah digunakan dengan ditempelkan (2,27%) dan dikunyah (2,27%). Berdasarkan perhitungan Use Value spesies tertinggi yaitu Jahe (Zingiber offcinale) dengan nilai (UV=1). Perhitungan Informant Consensuss Factor (ICF=1) dengan kategori penyakit alergi, keputihan, sariawan, kolesterol, mimisan, panas dalam, sakit kuning, darah tinggi, kurap, maag, bau badan, rematik, amandel, jerawat. Tingkat kesetiaan atau Fidelity Level (FL) dengan nilai tertinggi 100% diperoleh dari lembain berduri (Amaranthus spinosus), sintrong (Crassocephalum crepidioides), kopasanda (Chromolaena odorata L.), tempuh wiyang (Emilia sonchifolia (L) DC. Ex. Wight.), sebie kodek (Capsicum frutescens L.), kopi (Coffea robusta Lindl Ex. De Will.), tojang (Colocasia esculenta (L.) Schoot), ketul (Bidens pilosa), dadap serep (Erithrina subumbrans), sembung rambat (Mikania micrantha), terong pipit (Solanum torvum Sw.), sang (Piper ningrum L.), dan nangka (Ficus septica).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tumbuhan obat, Masyarakat Desa Pakuan, Cara penggunaan, Tingkat kesetiaan.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:59
Last Modified: 26 Jan 2024 07:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44300

Actions (login required)

View Item View Item