KUALITAS AIR DI BERBAGAI KLASIFIKASI TUTUPAN LAHAN TAMAN NASIONAL MERU BETIRI DESA SANENREJO KECAMATANTEMPUREJOKABUPATEN JEMBER PROVINSI JAWA TIMUR

Inna Rotul, Ummiyati (2024) KUALITAS AIR DI BERBAGAI KLASIFIKASI TUTUPAN LAHAN TAMAN NASIONAL MERU BETIRI DESA SANENREJO KECAMATANTEMPUREJOKABUPATEN JEMBER PROVINSI JAWA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Inna Rotul Ummiyati_C1L019044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal_Inna Rotul Ummiyati_C1L019044.pdf

Download (572kB)

Abstract

Air ialah salah satu sumber daya alam yang penting dan dibutuhkan oleh setiap makhluk untuk hidup yang dapat ditemukan disetiap tempat dipermukaan bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tutupan lahan disekitar sumber air beserta kualitas airnya dan mengetahui faktor yang mempengaruhi penggunaan sumber air di Taman Nasional Meru betiri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Terdapat 3 kalsifikasi tutupan lahan yaitu hutan lahan kering sekunder dan lahan pertanian kering campur semak serta satu klasifikasi tutupan lahan di desa penyangga yaitu permukiman. Sampel air yang memiliki tutupan lahan hutan kering sekunder memiliki dua parameter yang tidak memnuhi standar baku mutu yaitu parameter padatan tersuspensi total dan total coliform, sampel air yang memiliki tutupan lahan pertanian kering campur semak memiliki tiga parameter yang tidak memenuhi standar baku mutu yaitu padatan tersuspensi total, chemical oxygen demand dan total coliform, serta sampel yang memiliki tutupan lahan permukiman memiliki tiga parameter yang tidak memenuhi standar baku mutu yaitu warna, chemical oxygen demand dan total coliform. Perbedaan penggunaan sumber air oleh masyarakat disebabkan oleh faktor ekonomi dimana jumlah pendapat masyarakat yang tinggi menggunakan sumber air yang berasal dari sumur sedangkan jumlah pendapat masyarakat yang rendah memilih menggunakan sumber air dari mata air langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kualitas air; tutupan lahan; penggunaan sumber air
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jan 2024 23:58
Last Modified: 28 Jan 2024 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44310

Actions (login required)

View Item View Item