IDENTIFIKASI BAKTERI PENGHASIL SIDEROFOR DAN ENZIM PROTEASE DARI RIZOSFER TANAMAN KACANG TANAH SERTA UJI SIFAT ANTAGONISNYA TERHADAP ISOLAT JAMUR Colletotrichum gloeosporioides

MIKIYAL, NURIKHSANTI (2024) IDENTIFIKASI BAKTERI PENGHASIL SIDEROFOR DAN ENZIM PROTEASE DARI RIZOSFER TANAMAN KACANG TANAH SERTA UJI SIFAT ANTAGONISNYA TERHADAP ISOLAT JAMUR Colletotrichum gloeosporioides. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIKIYAL MURIKHSANTI PEND. BIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ARTIKELMIKIYAL MURIKHSANTI PEND. BIOLOGI.pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penghambatan isolat bakteri penghasil siderofor dan enzim protease terhadap pertumbuhan jamur patogen Colletotrichum gloeosporioides. Tahap awal penelitian diawali dengan isolasi bakteri dan jamur patogen, dan diikuti dengan uji produksi siderofor dan enzim protease. Bakteri diisolasi dari rizosfer tanaman kacang tanah, sedangkan jamur patogen diisolasi dari buah cabai besar yang terkena penyakit antraknosa yang diambil dari Desa Jelantik, Kabupaten Lombok Tengah. Pengujian isolat dalam produksi siderofor menggunakan metode Arnow, sedangkan uji produksi enzim protease menggunakan media SKIM Milk Agar. Selanjutnya uji penghambatan isolat bakteri terhadap jamur patogen dilakukan dengan metode dual culture. Karakterisasi isolate potensial dilakukan dengan mengamati morfologi koloni bakteri, pewarnaan gram dan uji biokimia. Hasil uji produksi siderofor menunjukkan bahwa terdapat satu isolat yang mampu memproduksi siderofor dengan kode isolat RKT2. Sedangkan uji produksi enzim protease menunjukkan bahwa semua isolat bakteri menghasilkan enzim protease, dimana isolat RKT9 memiliki Indeks Proteolitik paling tinggi yaitu 1,57. Kedua isolat tersebut menunjukkan hasil uji daya hambat yang berbeda, yakni isolat RKT2 memiliki daya hambat yang tinggi, sedangkan RKT9 memiliki daya hambat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada isolat bakteri (RKT2) dari rizosfer tanaman kacang tanah mampu menghambat pertumbuhan jamur patogen Colletotrichum gloeosporioides dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kacang tanah, siderofor, enzim protease, rizobakteri, Colletotrichum gloeosporioides.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jan 2024 23:58
Last Modified: 28 Jan 2024 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44312

Actions (login required)

View Item View Item