ISOLASI BAKTERI PENGHASIL HORMON IAA DARI RIZOSFER WIDURI (Calotropis gigantea) DI DESA SENTELUK KECAMATAN BATU LAYAR DAN UJI SECARA TERHADAP PERTUMBUHAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis)

SAPTA, YADI (2024) ISOLASI BAKTERI PENGHASIL HORMON IAA DARI RIZOSFER WIDURI (Calotropis gigantea) DI DESA SENTELUK KECAMATAN BATU LAYAR DAN UJI SECARA TERHADAP PERTUMBUHAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Artikel CD.pdf

Download (426kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri rizosfer yang mampu menghasilkan IAA serta menguji pengaruh bakteri rizosfer penghasil IAA terhadap pertumbuhan kacang panjang. Sampel bakteri diambil dari rizosfer widuri di Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat. Tahapan dalam penelitian ini yaitu mengisolasi dan karakterisasi bakteri penghasil IAA. Kemampuan bakteri rizosfer dalam menghasilkan IAA secara kuantitatif diukur menggunakan spektrofotometer. Pengaruh bakteri rizosfer penghasil IAA terhadap pertumbuhan kacang panjang dilakukan secara in vitro pada media Murphy. Data hasil pengukuran pertumbuhan kacang panjang dianalisis menggunakan Kruskal Wallis dan One Way ANOVA dengan bantuan SPSS 25. Hasil uji menunjukkan bahwa 10 isolat bakteri rizosfer yang diisolasi mampu menghasilkan IAA secara kuantitatif dengan konsentrasi 6,110-12,938 ppm. Kemampuan menghasilkan IAA secara kuantitatif yang tertinggi adalah isolat W8 sebesar 12,938 ppm dan terendah isolat W4 sebesar 6,110 ppm. Uji in vitro terhadap panjang akar dan tinggi tanaman menghasilkan nilai rata-rata lebih tinggi dari kontrol. Sedangkan berat basah dan berat kering kecambah nilai rata-rata tidak lebih tinggi dari kontrol. Hasil analisis juga menunjukkan bakteri rizosfer widuri tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan kacang panjang pada panjang akar, tinggi tanaman, berat basah, dan berat kering

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Widuri, IAA, rizobakteria, kacang panjang
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Jan 2024 23:58
Last Modified: 28 Jan 2024 23:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44313

Actions (login required)

View Item View Item