ANALISA TORSI ELECTRIC POWER STEERING ( EPS )PADA TESTBENCH UNTUK KEBUTUHAN MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS MATARAM

SUDAR, MAJI (2024) ANALISA TORSI ELECTRIC POWER STEERING ( EPS )PADA TESTBENCH UNTUK KEBUTUHAN MOBIL LISTRIK UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-SUDARMAJI-F1C019141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mobil listrik pertama kali dikenalkan oleh Robert Anderson dari Skotlandia pada tahun 1832-1839, Universitas Mataram saat ini melakukan penelitian dan riset serta membuat mobil listrik model city car sebagai kendaraan masyarakat. Dalam suatu perancangan kendaraan banyak aspek yang harus di pertimbangkan antara lain dari segi kenyamanan, keamanan, sampai performa,, dari ketiga aspek tersebut banyak peneliti berfokus pada sistem kemudi. Untuk meringankan proses kemudi, umumnya kendaraan menggunakan power steering yaitu hydraulic power steering. Akan tetapi hydraulic power steering memiliki kelemahan diantaranya penggunaan medium cair (oli), komponen mekanis, keramahan lingkungan dan sistem ini memerlukan tenaga dari mesin. Mobil listrik telah mengembangkan electric power steering dengan menggunakan motor DC untuk membantu menggerakan rack sesuai kebutuhan. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan pengujian torsi input electric power steering pada testbench untuk memenuhi kebutuhan mobil listrik Universitas Mataram. Pengujian torsi menggunakan testbench dengan variasi pembebanan 1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg, 5 kg, 6 kg, 7 kg, dan 8 kg, dan pengujian kemudi mobil listrik tanpa menggunakan Power steering yang dilakukan pada kondisi di jalan Hotmix, Beton, dan Tanah padat. Hasil pengujian menunjukan bahwa putaran ke kanan dan ke kiri pada sistem kemudi memiliki nilai torsi yang berbeda dimana torsi input tertinggi terjadi di putaran kanan pada kondisi di jalan Hotmix dan Tanah padat yakni 1,23 Nm sedangkan pada testbench mengalami torsi tertinggi pada putaran ke kiri yakni 3,53 Nm dengan torsi output 15,70 Nm, dan daya input 4,80 Watt.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Mobil Listrik, Electric power steering, Torsi input, Testbench
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:06
Last Modified: 29 Jan 2024 08:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44324

Actions (login required)

View Item View Item