PENGARUH MODEL OPEN ENDED PROBLEMS BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

LISA, WARDATUN (2024) PENGARUH MODEL OPEN ENDED PROBLEMS BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LISA WARDATUN E1S019050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (220kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi pengaruh paradigma open ended problems yang didukung media Big Book terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan menggunakan desain eksperimen semu dan desain kelompok kontrol nonekuivalen. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas XI-IPS di SMAN 3 Mataram. Alat perolehan data menggunakan teknik pengujian deskriptif dan memenuhi kriteria validasi dan reliabilitas. Setelah selesainya uji prasyarat analisis yang diperlukan, keseluruhan data dianalisis menggunakan pendekatan uji kooperatif. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov untuk menghitung data hasil tes kemampuan berpikir kreatif dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Setelah dianalisis, ditentukan bahwa data menunjukkan distribusi normal. Selanjutnya, teknik statistik Levene digunakan untuk menilai homogenitas kumpulan data, dan ditentukan untuk menunjukkan homogenitas. Setelah terbukti bahwa data mengikuti distribusi normal dan menunjukkan homogenitas, uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan perhitungan data posttest siswa dan dilakukan uji-t. Hasil uji t menghasilkan nilai signifikansi (Sig.2) sebesar 0,000, < 0,05. Disimpulkan hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pemanfaatan open ended problems yang didukung dengan integrasi media Big Book terbukti berpengaruh signifikan terhadap pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir Kreatif, Big Book, Open Ended Problems
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:06
Last Modified: 29 Jan 2024 08:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44327

Actions (login required)

View Item View Item