TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM PERIODE JUNI-JULI 2023

RARAS APRILIA, PRATIWI (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM PERIODE JUNI-JULI 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - RARAS APRILIA PRATIWI (K1A017039).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
DRAFT JURNAL TA II - RARAS APRILIA PRATIWI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
PPT SIDANG SKRIPSI - RARAS APRILIA PRATIWI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan suatu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang memiliki berbagai pelayanan, salah satunya yaitu pelayanan kefarmasian yang berorientasi pada pasien. Pelayanan kefarmasian yang diberikan dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Kepuasan pasien tersebut menjadi salah satu indikator baik atau buruknya pelayanan yang diberikan oleh petugas farmasi. Pelayanan kefarmasian meliputi sarana dan prasarana instalasi farmasi, kecepatan pelayanan obat, komunikasi informasi dan edukasi (KIE), serta keramahan petugas instalasi farmasi dalam memahami kebutuhan dan menerima keluhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Mataram periode Juni-Juli 2023. Penelitian ini merupakan penelitian observasional menggunakan rancangan cross-sectional yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tingkat kepuasan pasien diperoleh melalui pengisian kuesioner yang telah tervalidasi dan reliabel pada 96 responden dari total seluruh pasien rawat jalan yang menerima pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Mataram dengan menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling yang mempertimbangkan kriteria inklusi dan eksklusi. Tingkat kepuasan dan harapan pasien pada setiap dimensi pelayanan yaitu pada dimensi kehandalan (77,75%) dan (97,38%), dimensi jaminan (85,75%) dan (99,50%), dimensi sarana fisik (75,21%) dan (97,96%), dimensi empati (81,67%) dan (100%), serta dimensi ketanggapan (78,75%) dan (99,12%). Berdasarkan analisis kesenjangan antara harapan dan kinerja pelayanan, semua dimensi bernilai negatif termasuk kategori tidak memuaskan karena harapan pasien sangat tinggi terhadap pelayanan kefarmasian dibandingkan dengan kepuasan yang dirasakan pasien di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dimensi, pelayanan kefarmasian, rumah sakit, tingkat kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:06
Last Modified: 29 Jan 2024 08:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44333

Actions (login required)

View Item View Item