PENGARUH KONSENTRASI PERLAKUAN NaOH SERAT KULIT BATANG POHON KERSEN (MUNTINGIA CALABURA) TERHADAP KEKUATAN TARIK KOMPOSIT BERMATRIK VINYL ESTER

MUHAMMAD ZARKASIH, RHIVANO (2024) PENGARUH KONSENTRASI PERLAKUAN NaOH SERAT KULIT BATANG POHON KERSEN (MUNTINGIA CALABURA) TERHADAP KEKUATAN TARIK KOMPOSIT BERMATRIK VINYL ESTER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_M_ZARKASIH_RHIVANO_ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Komposit merupakan salah satu bahan material alternatif yang mempunyai sifat mekanik yang lebih baik dari material lainnya dalam hal tertentu. Vinyl ester merupakan jenis resin thermoset tidak jenuh memiliki banyak keunggulan, dari segi sifatnya yang ringan, tahan korosi, bisa digunakan sebagai bahan pelapis perekat, dan sebagai matrik (pengikat) pada material komposit. Untuk meningkatkan kekuatan dari vinyl ester dapat ditambahkan serat alam seperti serat dari kulit batang kersen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi perlakuan NaOH serat kulit batang pohon kersen (Muntingia Calabura) terhadap kekuatan tarik komposit bermatrik vinyl ester. Bahan penelitian ini menggunakan serat kulit batang kersen dengan matrik vinyl ester dan katalis. Variasi konsentrasi NaOH serat yang digunakan yaitu 0%, 2%, 4%, 6%, 8% dan 10% waktu perendaman selama 1 jam. Arah serat kersen adalah searah dengan pembebanan. Pengujian yang dilakukan adalah uji tarik mengacu pada ASTM D3039 dan pengujian XRD pada serat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serat tanpa perlakuan NaOH memiliki nilai kekuatan Tarik yang lebih rendah yaitu sebesar 55.551 MPa dibandingkan dengan komposit yang diberi perlakuan NaOH. Nilai tertinggi didapatkan pada konsentasi NaOH 8% yaitu sebesar 110.273 MPa. Hasil analisa XRD menunjukkan nilai kristanilitas tertinggi dihasilkan pada serat dengan perlakuan NaOH 8% yaitu sebesar 66,3%, diikuti oleh perlakuan NaOH 6% yaitu sebesar 64,7% dan terakhir tanpa perlakuan yaitu sebesar 61,8%. Hal ini menunjukkan bahwa penambahan konsentasi NaOH dapat menyebabkan nilai kekuatan tarik meningkat, nilai kristanilitas hasil analisa XRD meningkat, dan hasil foto uji SEM spesimen tanpa perlakuan menunjukkan daerah patahan halus dibandingkan patahan pada spesimen komposit dengan perlakuan NaOH yang terlihat patahan kasar akibat serat dan matrik terikat dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Vinyl ester, serat kulit batang pohon kersen, tarik, xrd, dan sem
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:06
Last Modified: 29 Jan 2024 08:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44334

Actions (login required)

View Item View Item