IMPLEMENTASI KAIZEN DALAM MEREDUKSI WAKTU PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MEREDUKSI BIAYA PRODUKSI TRACK ROLLER D375 SINGLE FLANGE DI PT SUKSES ABADI ENGINEERING

Muhamad, Alfatih (2024) IMPLEMENTASI KAIZEN DALAM MEREDUKSI WAKTU PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN MEREDUKSI BIAYA PRODUKSI TRACK ROLLER D375 SINGLE FLANGE DI PT SUKSES ABADI ENGINEERING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C019103_MUHAMAD ALFATIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PT. Sukses Abadi Engineering sebagai salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang jasa permesinan memiliki visi misi untuk terus meningkatkan kualitas dan juga produktifitas perusahaan. PT. Sukses Abadi Engineering yang merupakan salah satu dari supplier PT. Komatsu Undercarriage Indonesia yang dimana salah satu produk yang di supply adalah TR D375 SF. Banyaknya permintaan supply part (khususnya TR D375 SF) dari PT. Komatsu Undercarriage Indonesia Membuat PT. Sukses Abadi Engineering cukup kesulitan dalam mensupply part TR D375 SF karena proses produksi yang cukup lama. Oleh sebab itu, perlu dilakukan perbaikan dengan menerapkan konsep Kaizen dengan metode PDCA (Plan-Do-Check-Action) yang merupakan konsep perbaikan yang berkesinambungan (Continues Improvement). Penerapan konsep Kaizen dalam mengurangi waktu dan mereduksi biaya produksi adalah suatu pendekatan yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi biaya dan produktivitas dalam proses produksi suatu perusahaan. Sehingga pada penelitian ini dilakukan penerapan kaizen untuk menurunkan waktu produksi TR D375 SF agar dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mereduksi biaya produksi TR D375 SF dengan mempertahankan standar kualitas produksi yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak dari penerapan kaizen dalam mengurangi waktu produksi menggunakan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) yang juga merupakan bagian dari konsep kaizen. Pada penelitian ini dilakukan perbaikan melalui perubahan parameter depth of cutting (DoC) dari 1,2 mm menjadi 1,5 mm sehingga terjadi penurunan waktu dari 16,42 menit/produk menjadi 14,14 menit/produk dan penurunan biaya produksi per produk dari Rp. 168.468,-/produk menjadi Rp. 166.091,-/produk.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kaizen, waktu produksi, biaya produksi, plan, do, check, action
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:06
Last Modified: 29 Jan 2024 08:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44336

Actions (login required)

View Item View Item