ANALISIS KESEHATAN POHON DI HUTAN KOTA SELONG DAN TAMAN RINJANI KOTA SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR MENGGUNAKAN METODE FOREST HEALTH MONITORING (FHM)

Shafwati, Munawarah (2024) ANALISIS KESEHATAN POHON DI HUTAN KOTA SELONG DAN TAMAN RINJANI KOTA SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR MENGGUNAKAN METODE FOREST HEALTH MONITORING (FHM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Shafwati Munawarah_C1L019088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Jurnal_Shafwati Munawarah_C1L019088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ruang terbuka hijau Hutan Kota Selong dan Taman Rinjani Kota Selong merupakan kawasan yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai penunjang dalam kegiatan ekonomi, sosial, olahraga, dan pendidikan. Banyaknya aktivitas yang dilakukan di RTH tersebut dapat mempengaruhi kesehatan pohon dan dikhawatirkan berdampak terhadap keselamatan pengunjung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan pohon di Hutan Kota Selong dan Taman Rinjani Kota Selong dengan menggunakan metode Forest Health Monitoring (FHM). Pengukuran dan penilaian kesehatan dilakukan terhadap seluruh pohon dan pengukuran dilakukan secara sensus dan hasil penelitian menunjukkan pohon di Hutan Kota Selong berada pada kondisi sehat dengan interval sebesar (0–3,8) berjumlah 219 pohon (93,3%) sementara untuk pohon di Taman Rinjani Kota Selong yang berada pada kategori sehat dengan interval sebesar (0–3,19) berjumlah 63 pohon (90%). Hal ini menunjukkan bahwa seluruh pohon berada dalam kondisi sehat baik di Hutan Kota Selong maupun di Taman Rinjani Kota Selong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesehatan Pohon, FHM, Hutan Kota Selong, Taman Rinjani Kota Selong
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Jan 2024 08:07
Last Modified: 29 Jan 2024 08:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44340

Actions (login required)

View Item View Item