STRATEGI PERTAHANAN JEPANG DALAM MERESPON AGRESIVITAS MILITER TIONGKOK DI ASIA TIMUR MELALUI PENINGKATAN KERJASAMA DENGAN AUSTRALIA TAHUN 2014

MEIRA, PRASTINI (2024) STRATEGI PERTAHANAN JEPANG DALAM MERESPON AGRESIVITAS MILITER TIONGKOK DI ASIA TIMUR MELALUI PENINGKATAN KERJASAMA DENGAN AUSTRALIA TAHUN 2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MEIRA PRASTINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL STRATEGI PERTAHANAN JEPANG DALAM MERESPON AGRESIVITAS MILITER TIONGKOK DI ASIA TIMUR MELALUI PENINGKATAN KERJASAMA DENGAN AUSTRALIA TAHUN 2014.pdf

Download (527kB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi pertahanan Jepang dalam menghadapi agresivitas militer Tiongkok di Asia Timur, khususnya di tahun 2014. Sejak tahun 2010, Tiongkok meningkatkan anggaran militernya sebesar 2 digit secara konsisten. Hal ini tentunya menimbulkan persepsi ancaman dari negara-negara Asia Timur terutama Jepang yang latar belakangnya memliki ketegangan hubungan dengan Tiongkok. Sebagai respon atas peningkatan yang di lakukan oleh Tiongkok, Jepang diharuskan untuk meningkatkan hubungan kerjasama pertahanannya (melakukan perimbangan lunak) selain kerjasama pertahanan dengan Amerika Serikat, salah satunya dengan cara meningkatkan kerjasama pertahanan dengan Australia. Adapun metodologi yang digunakan dalam tulisan ini adalah deskriptif dimana tulisan ini berusaha mendeskripsikan strategi Jepang dalam merespon agresivitas militer Tiongkok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hubungan bilateral antara Jepang dengan Australia di tahun 2014 yang disebabkan oleh kekhawatiran Jepang terhadap agresivitas militer Tiongkok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Agresivitas militer Tiongkok, strategi pertahanan Jepang, kerjasama pertahanan Jepang-Australia, Soft balancing (perimbangan lunak)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:50
Last Modified: 30 Jan 2024 07:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44355

Actions (login required)

View Item View Item