ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI PENGHASIL IAA DAN PELARUT FOSFAT DARI RHIZOSFER Serbania grandiflora (L.) Pers DAN UJI IN VITRO TERHADAP PERKECAMBAHAN Vigna radiata L.

Septia, Arianti (2024) ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI PENGHASIL IAA DAN PELARUT FOSFAT DARI RHIZOSFER Serbania grandiflora (L.) Pers DAN UJI IN VITRO TERHADAP PERKECAMBAHAN Vigna radiata L. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SEPTIA ARIANTI (E1A018088).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
ARTIKEL SEPTIA ARIANTI.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bakteri penghasil IAA dan pelarut fosfat dari rhizosfer Serbania grandiflora (L.) Pers terhadap perkecambahan Vigna radiata (L.). Penelitian ini dimulai dengan mengisolasi bakteri rhizosfer Serbania grandiflora (L.) Pers, yang kemudian dikarakterisasi morfologi sel, sifat gram dan morfologis. Kemampuan bakteri dalam melarutkan fosfat dievaluasi secara kualitatif dengan mengobservasi adanya zona bening pada media Pikovskaya, dan secara kuantitafif dengan spektrofotometer. Uji kemampuan isolat menghasil IAA secara kalitatif dengan menggunakan reagen Salkowski, dan secara kuantitatif dengan spektrofotometer. Untuk pengaruh isolat terhadap pertumbuhan kacang hijau dipakai disain penelitian rancangan acak lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan yaitu P0 (aquades steril); P1 (kultur bakteri penghasil IAA); P2 (kultur bakteri pelarut fosfat); P3 (penghasil IAA dan pelarut fosfat). uji pertumbuhan bibit Vigna radiata L. ini dilakukan secara in vitro pada media Murphy. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji one-way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 5 isolat yang memiliki kemampuan melarutkan fosfat, dengan indeks kelarutan fosfat berkisar antara 1.70-2.14, dimana isolat RT7 menunjukkan nilai tertinggi. Kemampuan isolat memproduksi IAA dengan konsentrasi berkisar antara 7.1 - 62.7 ppm, dengan nilai tertinggi ditunjukkan oleh isolat RT6. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan dengan isolat bakteri penghasil IAA plus sifat pelarutan fosfat menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata terhadap tinggi tanaman Vigna radiata L. dibanding dengan perlakuan lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rhizosfer tanaman turi, fosfat, IAA, Vigna radiata L., in vitro
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44363

Actions (login required)

View Item View Item