PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS ETNOSAINS DENGAN PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI UNTUK MELATIH LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

RIZKY JASA, HULDIA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS ETNOSAINS DENGAN PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI UNTUK MELATIH LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Rizky Jasahuldia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (739kB) | Preview

Abstract

Rizky Jasa Huldia, 2024. Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Etnosains dengan Pendekatan Etnopedagogi untuk Melatih Literasi Sains dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Tesis. Magister Pendidikan IPA. Pascasarjana Universitas Mataram, Dibawah bimbingan Dr. Yayuk Andayani, M.Si., sebagai pembimbing I dan Dr. Saprizal Hadisaputra, M.Sc., sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul kimia berbasis etnosains dengan pendekatan etnopedagogi untuk melatih literasi sains dan kemandirian belajar peserta didik yang layak untuk digunakan ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini ialah Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dessiminate). Hasil validasi e-modul berbasis etnosains, validasi soal literasi sains, dan validasi angket kemandirian belajar secara berurutan memperoleh skor rata-rata 0,88, 0,85, dan 0,86 dengan kategori sangat valid. Hasil ini menunjukkan e-modul sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Hasil uji kepraktisan meliputi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, dan angket respon guru yang secara berurutan memperoleh rata-rata 3,28, 3,38, dan 3,51 dengan kategori sangat baik, sehingga semua komponen memenuhi kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan untuk literasi sains diperoleh rata-rata hasil pretest sebesar 32,66 dan posttest sebesar 69,53 dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 56,13% yang memenuhi kategori cukup efektif. Hasil uji keefektifan untuk kemandirian belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 55,47 dan posttest sebesar 80,66 dengan nilai ratarata N-Gain 56,45% yang memenuhi kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan e-modul kimia berbasis etnosains dengan pendekatan etnopedagogi cukup efektif dalam melatih literasi sains dan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): e-modul, etnosains, etnopedagogi, literasi sains, kemandirian belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44366

Actions (login required)

View Item View Item