PERAN AKTOR NON-NEGARA DALAM MENGATASI ISU KERUSAKAN LINGKUNGAN: PERAN GREENPEACE PADA KEBAKARAN HUTAN TAHUN 2019 DI KALIMANTAN

EMA, YUNIARTI (2024) PERAN AKTOR NON-NEGARA DALAM MENGATASI ISU KERUSAKAN LINGKUNGAN: PERAN GREENPEACE PADA KEBAKARAN HUTAN TAHUN 2019 DI KALIMANTAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EMA YUNIARTI ( L1A017042) FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL EMA YUNIARTI.pdf

Download (564kB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melakukan penelitian mengenai peran Aktor NonNegara dalam mengatasi isu kerusakan lingkungan di Indonesia. Fokus penelitian ini untuk mengetahui peran nyata Greenpeace sebagai organisasi lingkungan internasional dalam mencegah dan mengatasi kebakaran hutan yang terjadi di Kalimantan. Penelitian ini menggunakan Konsep Non-Traditional Security yang memandang kerusakan lingkungan sebagai salah satu bentuk anacaman terhadap suatu Negara dan Konsep INGO yang melihat Greenpeace sebagai Aktor NonNegara yakni Organisasi Internasional yang bergerak di bidang lingkungan . Hasil penelitian ini menemukan bahwa Greenpeace indonesia berperan penting dalam upaya penanganan dan pencegahan permasalahan lingkungan melalui beragam kampanye dan edukasi yang diterapkan kepada masyarakat. Praktik yang berkaitan dengan lingkungan ini kemudian dapat mempengaruhi norma dan kebijakan baru bagi pemerintah yang dijalin melalui kerjasama dan kemitraan Greenpeace dengan Pemerintah sehingga dapat terciptanya kebijakan yang diharapkan berdasarkan pertimbangan dari suara yang disampaiakn oleh Greenpeace.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Non-traditional Security, Greenpeace, kebijakan Pemerintah.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44371

Actions (login required)

View Item View Item