PERUBAHAN GARIS PANTAI DIANTARA JETTY WATER INTAKE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) JERANJANG DAN PANTAI KARANG BANGKET

MUHAMMAD SASTRA, SINARJAN (2020) PERUBAHAN GARIS PANTAI DIANTARA JETTY WATER INTAKE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) JERANJANG DAN PANTAI KARANG BANGKET. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1,2,3,4, & 5-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Artikel (F1A113031).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pantai selalu menyesuaikan bentuk profilnya sedemikian sehingga mampu menghancurkan energi gelombang yang datang. Penyesuaian bentuk tersebut merupakan tanggapan dinamis dinamis pantai terhdap laut. Gelombang yang memecah dipantai merupakan penyebab utama proses erosi dan akresi (pengendapan) garis pantai. Adanya bangunan jetty water intake pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) jeranjang menyebabkan gelombang menjadi terganggu dan pergerakan sedimen terhalang oleh bangunan jetty. Bangunan jetty yang dibangun sekitar tahun 2009 menyebabkan kondisi pantai menjadi tidak stabil dan mengakibatkan adanya erosi dan sedimentasi pada kedua sisi bangunan jetty. Dengan membagi pantai kedalam pias-pias dengan jarak tertentu dan melakukan pengukuran lebar dan kemiringan pantai menggunakan waterpas diambil pada 33 titik dilokasi penelitian. Pengamatan perubahan garis pantai ini dianalisa berdasarkan gambar yang diambil dari google earth. Semua gambar yang diambil dari google earth dimasukkan ke program global mapper untuk direktifikasi kemudian dilakukan digitasi garis pantai. Dari hasil analisa yang dilakukan majunya garis pantai terbesar terjadi pada pias 2 sebesar 110 meter, pias 15 garis pantai maju 19 meter, dan pada pias 33 garis pantai mundur 3.16 meter.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Husnia
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:51
Last Modified: 30 Jan 2024 07:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/44373

Actions (login required)

View Item View Item